Kamis, 30/05/2024 - 16:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Penanganan Korban Kecelakaan Harus Hati-hati, ini Penjelasannya

Tanda olah TKP kecelakaan lalu lintas.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

  JAKARTA — Dokter Spesialis Bedah Umum Radjak Hospital Purwakarta dr Joko Purwito SpB menyebut penanganan korban kecelakaan harus dilakukan dengan kehati-hatian.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Jika penanganan korban dilakukan tidak hati-hati, bukan tidak mungkin akan membuat korban semakin fatal traumanya, ” ujar Joko dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (16/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Saat masyarakat pertama kali menemukan ada korban kecelakaan di jalan, maka yang pertama kali dilakukan adalah memeriksa kondisi kesadaran pasien.

“Jika di lokasi itu ada lebih dari satu orang bisa melakukan kerja sama, yakni yang satu melakukan pertolongan dengan menyadarkan pasien dan yang satu menghubungi pihak rumah sakit,” jelas dia.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
PDIP: Oposisi Diperlukan untuk Mengontrol Kekuasaan

Jika pasien sadar dan mampu diajak bicara maka pasien dapat dikatakan aman namun tetap harus segera membantu membawa pasien ke pusat layanan terdekat.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Dalam keadaan tidak sadar ini yang harus diwaspadai, jangan sampai memindahkan pasien tidak mengetahui kondisinya terlebih jika pasien memiliki trauma di leher. Salah-salah malah pasien keadaannya lebih buruk. Jadi kalau ada pasien yang mengalami cedera servikal (cedera leher) kita harus meminta bantuan orang lain untuk memindahkan pasien dengan hati-hati,” kata dia lagi.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dokter Spesialis Bedah Umum Radjak Hospital, dr Jeppri Bangun SpB, mengatakan pada kasus kecelakaan lalu lintas, yang paling banyak terjadi adalah cedera kepala, patah tulang, cedera dada, sampai cedera saluran kemih.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
KPU Bantah Dalil PPP Soal Perpindahan Suara di Banten
ADVERTISEMENTS

“Pasien kecelakaan itu tidak boleh sembarangan dipindahkan dari lokasi kecelakaan, karena untuk memindahkan pasien kecelakaan ada prosedur medis, tidak sembarangan (sehingga) harus dilakukan oleh tenaga medis yang terlatih,” kata Jeppri.

ADVERTISEMENTS

Dalam penanganan pasien kecelakaan tentu yang menjadi fokus dalam tindakan pasien antara lain permasalahan tulang hingga tindakan operasi pasien. Penanganan-penangan ini tentu saja membutuhkan layanan profesional dalam layanan kesehatan.

Pihaknya sendiri memiliki trauma center yang dapat melakukan penanganan medis dengan alat penunjang berteknologi terkini serta dokter-dokter handal berpengalaman, salah satunya pembedahan dengan minimal invasif.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi