AS Serang Fasilitas Iran di Suriah

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Dua jet tempur F-15 (ilustrasi). Pentagon mengerahkan dua jet tempur F-15 untuk menyerang fasilitas penyimpanan senjata milik Garda Revolusi Iran. di Suriah timur.

ADVERTISEMENTS

WASHINGTON — Amerika Serikat (AS) pada Rabu (8/11/2023), melancarkan serangan udara terhadap fasilitas di Suriah timur yang terkait dengan milisi yang didukung Iran. Pentagon mengatakan serangan ini sebagai pembalasan atas meningkatnya jumlah serangan terhadap pangkalan militer yang menampung pasukan AS di wilayah tersebut selama beberapa minggu terakhir.

ADVERTISEMENTS

Pentagon mengerahkan dua jet tempur F-15 untuk menyerang fasilitas penyimpanan senjata milik Garda Revolusi Iran. “Presiden Biden tidak memiliki prioritas lebih tinggi daripada keselamatan personel AS, dan dia mengarahkan tindakan hari ini untuk memperjelas bahwa Amerika Serikat akan membela diri, personel, dan kepentingannya,” kata Menteri Pertahanan Lloyd Austin dalam sebuah pernyataan.

Ini adalah serangan udara kedua kalinya dalam waktu kurang dari dua minggu. Sebelumnya AS mengebom fasilitas yang digunakan oleh kelompok Garda Revolusi Iran, yang sebagian besar beroperasi di bawah payung ISIS. 

AS mengatakan pasukannya telah diserang setidaknya 40 kali di Irak dan Suriah oleh pasukan yang didukung Iran sejak 17 Oktober. Akibat serangan-serangan tersebut sebanyak 45 tentara menderita cedera otak traumatis atau luka ringan.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS

Serangan terbaru AS dirancang untuk menghancurkan pasokan senjata dan amunisi dalam upaya mengikis kemampuan kelompok militan yang didukung Iran untuk menyerang warga AS yang bermarkas di Irak dan Suriah. Dan hal ini mencerminkan tekad pemerintahan Biden untuk menjaga keseimbangan. AS ingin menyerang kelompok-kelompok dukungan Iran yang dicurigai menargetkan AS sejak perang Hamas-Israel pecah.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

ADVERTISEMENTS

sumber : AP

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version