Senin, 26/02/2024 - 04:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Pengembangan Grand Batang City Masuk Fase Kedua Tahap 1

ADVERTISEMENT

 JAKARTA — PT Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) atau Grand Batang City semakin agresif mengembangkan Kawasan dan telah memasuki Fase kedua tahap 1 seluas 400 Ha dan mempersiapkan pengoperasian Kawasan pada semester 1 Tahun 2024 yang rencananya akan diresmikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia. Grand Batang City merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang memiliki luas lahan mencapai 4.300 Ha dengan konsep ‘Smart, Green, and Modern’ dengan mengedepankan pengembangan Kawasan yang berkelanjutan sesuai prinsip-prinsip ‘Sustainability dan ESG’. 

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

Selama kurun waktu dua tahun sejak berdiri 11 Desember 2020, KITB telah menyelesaikan Fase – 1 seluas 450 Ha, dan telah mendatangkan 13 investor baik investor asing (PMA) maupun investor lokal (PMDN).  Total investasi investor yang telah diserap oleh Kawasan Industri Terpadau Batang (KITB) sebesar Rp 6,8 Trilyun dan diharapkan dapat menyerap tenaga kerja sejumlah 15.000 pekerja pada tahap pertama. Disamping itu, sebagai Proyek Strategis Nasional Pemerintah telah membantu KITB untuk membangun infrastruktur vital Kawasan melalui dana APBN dan PMN sebesar Rp 3,6 Trilyun.

ADVERTISEMENT
Hari Pers Nasional
Berita Lainnya:
KAI Commuter Siapkan Strategi Angkut Sejuta Penumpang

Untuk persiapan operasional Kawasan Fase-1 dan melengkapi infrastruktur Fase-2, KITB mendapatkan kucuran dana dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon)sebesar Rp786 miliar.  Perjanjian Kredit yang di tandatangani pada November 2023 di Menara Danareksa, merupakan  langkah strategis bagi KITB mendapatkan kepercayaan dari Perbankan dan melengkapi kepercayaan dan dukungan dari pemerintah, serta investor. 

ADVERTISEMENT

“Kami menyambut baik kerjasama dengan Danamon yang merupakan bagian dari MUFG grup jasa Keuangan global terkemuka sekaligus bank terbesar di Jepang  dalam bentuk Pemberian Dana Pinjaman sebesar Rp. 786 Milyar, dan merupakan kepercayaan dari institusi keuangan kepada KITB,” ujar Direktur Keuangan PT Kawasan Industri Terpadu Batang Evi Afiatin, dalam keterangan tertulis, Jumat (24/11/2023).

ADVERTISEMENT
KUR Syariah Bank Aceh

Sementara itu, Direktur Utama PT Kawasan Industri Terpadu Batang Ngurah Wirawan menyampaikan, pinjaman ini diharapkan akan menjadi katalisator untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan kawasan industri dalam waktu mendatang. 

ADVERTISEMENT
Bayar Tol dengan Pengcard

“Kolaborasi antara Danamon dan KITB ini memiliki harapan besar untuk mencapai tujuan bersama dalam menciptakan pertumbuhan berkelanjutan serta kontribusi positif bagi perkembangan kawasan industri di Indonesia,” ujar Ngurah.

ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action
Berita Lainnya:
Menkop Ajak Perempuan Pelaku UMKM Fokus pada Sektor Produksi Pangan

PT Kawasan Industri Terpadu Batang atau Grand Batang City merupakan Kawasan Industri terbesar di Indonesia dan berada tepat di tengah-tengah jalur tol Trans Jawa yang menghubungkan seluruh sentra industri dan jalur logistik di Pulau Jawa. KITB dibangun untuk dapat menarik penanaman modal asing (Foreign Direct Investor) ke Indonesia sebagai katalisator pertumbuhan ekonomi dan terciptanya lapangan kerja.

Grand Batang City dihubungkan oleh dua jalur utama yaitu Jalur Jalan Nasional Pantura dan Tol Trans Jawa yang membelah Kawasan Grand Batang City.  Selain itu untuk semakin menarik minat investor,  Grand Batang City segera membangun Pelabuhan Jetty dan Stasiun Kereta Api yang dapat melayani  moda transportasi manusia dan barang.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENT

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi