Rabu, 24/07/2024 - 23:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Kehadiran Suami Sangat Penting Saat Istri Melahirkan, Psikolog Sarankan Ada Cuti Ayah

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Ayah menjaga anak sambil bekerja (ilustrasi). Cuti ayah sangat bermanfaat baik bagi ayah maupun bagi ibu yang baru melahirkan.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

 JAKARTA — Perbincangan tentang penting tidaknya “cuti ayah” atau paternity leave bagi karyawan lelaki yang istrinya melahirkan cukup mengemuka di media sosial. Sebagian warganet menganggap hal tersebut akan sangat bermanfaat jika diberlakukan, tapi masih ada juga yang mencibir.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Bagaimana dari sudut pandang psikologi? Psikolog anak, remaja, dan keluarga Sani Budiantini Hermawan menganggap cuti ayah sebagai sesuatu yang sangat penting. Suami diharapkan bisa mendampingi istrinya saat melahirkan dan juga pascamelahirkan.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

“Saya pikir cuti ayah penting untuk menunjukkan kontribusi atau peran ayah terhadap istri dan anaknya. Mungkin tidak perlu selama istri, tapi perlu dipikirkan dan dipertimbangkan di kantor untuk mendapat fasilitas ini,” kata Sani kepada Republika.co.id, Jumat (9/2/2024).

Berita Lainnya:
Ini Indikator Suami Sehat dari Segi Reproduksi
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Dengan mendapat cuti ayah, seorang lelaki akan leluasa mendampingi istri saat persalinan. Begitu juga, ketika bayi sudah lahir dan membutuhkan perhatian serta perawatan. Suami bisa meringankan beban istri dengan bekerja sama mengerjakan berbagai hal.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Inisiatif suami membantu istrinya dalam merawat anak bersama akan berdampak baik bagi tumbuh kembang anak sekaligus untuk aspek psikis istri. Sebagai ibu, berbagai beban merawat anak tidak sepenuhnya ditimpakan kepadanya, tapi juga ada kolaborasi baik dengan suami. 

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Sani yang merupakan Direktur Lembaga Psikologi Daya Insani pun menjelaskan mengapa dukungan suami di momen istri melahirkan amat krusial secara psikologis. Dengan adanya dukungan suami berupa kehadiran dan pendampingan, itu akan membuat istri memiliki kekuatan menghadapi kelahiran.

Berita Lainnya:
Atlet yang Rajin Olahraga Juga Bisa Alami Henti Jantung, Dokter Beri Penjelasan
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Sani mengatakan, perlu tidaknya suami masuk ke ruang persalinan tergantung pada berbagai kondisi. Sebab, ada pria yang tak siap dan justru bisa mengalami masalah psikologis apabila dipaksakan. Selain itu, apabila suami berhalangan mendampingi secara fisik karena berada di luar kota atau ada kewajiban bertugas, pendampingan bisa juga melalui panggilan telepon atau panggilan video.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

“Bentuk dukungan bukan hanya kehadiran, tapi juga secara verbal dan dukungan psikologis. Rangkul dan beri kekuatan pada istri, dampingi supaya tenang menghadapi kelahiran,” ucap Sani.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

قَيِّمًا لِّيُنذِرَ بَأْسًا شَدِيدًا مِّن لَّدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا حَسَنًا الكهف [2] Listen
[He has made it] straight, to warn of severe punishment from Him and to give good tidings to the believers who do righteous deeds that they will have a good reward Al-Kahf ( The Cave ) [2] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi