Senin, 22/07/2024 - 05:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Apa yang Bisa Dilakukan Ayah untuk Bantu Ibu Pascamelahirkan? Ini Kata Psikolog

Seorang laki-laki menyedot debu karpet. Ini yang bisa dilakukan ayah di rumah setelah ibu melahirkan.

JAKARTA — Ada banyak hal yang bisa dilakukan seorang suami saat mendampingi istrinya yang baru melahirkan. Setelah menemani saat persalinan, ayah baru tersebut juga perlu melakukan pendampingan saat istrinya memulihkan kondisi diri dan merawat bayi newborn atau yang baru lahir.

“Pascamelahirkan, biasanya ada dampak yang terjadi pada istri, yang kini menerima peran seorang ibu dengan tuntutan tinggi. Suami diharap bisa membantu peran tersebut,” ungkap psikolog anak, remaja, dan keluarga, Sani Budiantini Hermawan, Sabtu (10/2/2024).

Berita Lainnya:
Perbedaan Kebahagiaan dan Kepuasan Menurut Psikiater, Serupa tapi tak Sama

Menurut Sani, kewajiban mengurus anak tidak boleh hanya dibebankan kepada istri. Suami pun harus berbagi tugas menangani berbagai keperluan serta kebutuhan bayi yang baru lahir, yang tentunya perlu mendapat banyak perhatian dan perawatan.

Adapun bentuk dukungan itu misalnya menemani saat istri memberikan air susu ibu (ASI) pada bayi dan menemani begadang di usia awal bayi. Ayah juga bisa membantu ibu mengganti popok bayi, memandikan bayi, serta memaparkan bayi ke sinar matahari pagi. 

Berita Lainnya:
Tips Jaga Kesehatan Saat Memasuki Masa Pancaroba

Mungkin masih banyak berbagai aktivitas untuk newborn lainnya yang sesuai dengan kebiasaan tiap keluarga. Hal lain, suami bisa membantu atau mengambil alih berbagai pekerjaan rumah tangga. Itu semua akan memberikan istri waktu beristirahat yang cukup.

Sani yang merupakan Direktur Lembaga Psikologi Daya Insani menyebut suami harusnya bersikap mendukung, bukan menyalahkan dan membebani istri. Pascapersalinan, istri yang baru melahirkan pasti masih merasa kesakitan dan perlu waktu untuk pemulihan.

Sikap suportif suami….

 

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

قَالَ لَهُ صَاحِبُهُ وَهُوَ يُحَاوِرُهُ أَكَفَرْتَ بِالَّذِي خَلَقَكَ مِن تُرَابٍ ثُمَّ مِن نُّطْفَةٍ ثُمَّ سَوَّاكَ رَجُلًا الكهف [37] Listen
His companion said to him while he was conversing with him, "Have you disbelieved in He who created you from dust and then from a sperm-drop and then proportioned you [as] a man? Al-Kahf ( The Cave ) [37] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi