Rabu, 17/04/2024 - 06:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

India Berencana Terbangkan Helikopter di Misi Mars Berikutnya

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — India berencana menerbangkan helikopter untuk Misi Planet Mars berikutnya. Rencana ini mengikuti jejak helikopter perintis NASA, Ingenuity yang telah melakukan penerbangan sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) saat ini sedang mengerjakan konsep tersebut, yang akan terbang bersama dengan pendarat Mars India sekitar awal tahun 2030-an.

ADVERTISEMENTS

Misi pertama India ke Planet Merah – Mars Orbiter Mission (MOM), juga dijuluki “Mangalyaan”, diluncurkan pada bulan November 2013 dan memasuki orbit di sekitar Mars pada bulan September 2014. Pesawat ruang angkasa ini melakukan penelitian ilmiah di orbit sekitar Planet Merah selama delapan tahun sebelum melakukan kontak dengan Bumi hilang pada tahun 2022.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Namun, misi lanjutan ISRO ke Mars akan lebih ambisius. Jayadev Pradeep, seorang ilmuwan di Laboratorium Fisika Luar Angkasa di Pusat Luar Angkasa Vikram Sarabhai, mengatakan helikopter yang direncanakan untuk misi pendaratan di Mars akan membawa serangkaian muatan untuk eksplorasi udara di planet ini.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Penjelajah Curiosity NASA Tiba di Tempat yang Berisi Petunjuk tentang Air Purba di Mars 

Menurut laporan India Today, muatan sains yang direncanakan untuk drone tersebut mencakup sensor suhu, sensor kelembaban, sensor tekanan, sensor kecepatan angin, sensor medan listrik.

“Selain iti, spesies jejak serta sensor debu untuk mengukur distribusi vertikal aerosol debu,” demikian menurut laporan tersebut, dikutip dari laman Space, Ahad (25/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Kendaraan udara tersebut akan mampu terbang hingga 328 kaki (100 meter) di atas permukaan Mars untuk membuat profil atmosfer Mars. Sebagai perbandingan, Ingenuity mencapai ketinggian setinggi 79 kaki (24 m) selama lebih dari dua jam total waktu penerbangan dan menempuh jarak horizontal 10,5 mil (17 kilometer).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Pesawat Ruang Angkasa ESA Memotret Pemandangan Indah Gunung Berapi Mars 

Ingenuity mendarat bersama penjelajah Perseverance NASA di Kawah Jezero Mars pada Februari 2021. Hal ini tidak hanya membuktikan bahwa penerbangan dapat dilakukan di atmosfer Mars yang tipis tetapi juga jauh melampaui ekspektasi. 

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Misi utama Ingenuity adalah lima penerbangan untuk mendemonstrasikan teknologi, tetapi helikopter seberat 4 pon (1,8 kilogram) itu berhasil melakukan 72 serangan ke Mars sebelum terhenti secara permanen karena kerusakan bilah rotor pada Januari 2024.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

India bukan satu-satunya negara yang mengambil inspirasi dari NASA dan Ingenuity. Ada juga China yang memiliki setidaknya beberapa konsep untuk drone Mars, termasuk salah satu konsep yang dapat berperan dalam misi pengembalian sampel Mars yang direncanakan negara tersebut. 

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi