Selasa, 28/05/2024 - 11:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Sembilan Orang Ditahan di Tajikistan Atas Keterlibatan Serangan Moskow

Mukhammadsobir Faizov, tersangka penembakan hari Jumat di Balai Kota Crocus, duduk di dalam sangkar kaca di Pengadilan Distrik Basmanny di Moskow, Rusia, Ahad (24/3/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

MOSKOW — Media pemerintah Rusia melaporkan badan keamanan Tajikistan menahan sembilan orang yang diduga kontak pelaku serangan ke gedung konser dekat Moskow yang menewaskan 144 orang pekan lalu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

“Sembilan warga distrik Vakhdat ditahan atas kontak dengan orang-orang yang melakukan serangan teroris ke Crocus City Hall pada 22 Maret,” kata kantor berita, RIA Novosti seperti dikutip dari Aljazirah, Jumat (29/3/2024).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

RIA Novosti mengutip sumber dari badan khusus Tajikistan yang tidak disebutkan namanya. Kantor berita itu menambahkan pasukan keamanan Rusia terlibat dalam operasi penangkapan tersebut. Vakhdat terletak di timur Ibukota Dushanbe.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

RIA Novosti mengatakan orang-orang yang ditahan juga memiliki koneksi di ISIS. Penangkapan ini dilaporkan saat Moskow kembali mendakwa tersangka lain dalam serangan ke gedung konser tersebut.

Berita Lainnya:
Israel Tolak Resolusi PBB tentang Keanggotaan Palestina

Lutfulloi Nazrimad akan terus ditahan sampai sidang 22 Mei. Situs berita independen Rusia, Mediazona melaporkan di pengadilan Nazrimad mengatakan ia lahir di Tajikistan. Nazrimad merupakan tersangka kesembilan yang dibawa ke pengadilan. Aljazirah melaporkan berdasarkan pengacaranya, pria 24 tahun itu didakwa atas pasal konspirasi untuk aksi terorisme dan ia mengaku bersalah pada sejumlah dakwaan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sebelumnya pemerintah Rusia mengatakan mereka menangkap 11 orang di Rusia termasuk empat orang yang menggelar serangan. Empat orang yang itu diidentifikasi sebagai warga Tajikistan dan didakwa pasal terorisme terlihat babak belur saat dibawa ke pengadilan dan salah diantaranya hampir tidak sadar selama persidangan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Pada Kamis (28/3/2024) Komite Investigasi Rusia mengatakan mereka menahan tersangka lain sehubungan dengan serangan ke Crocus City Hall yang diduga terlibat dalam pendanaan serangan itu. Komite tidak mengungkapkan detail identitas atau aksinya lebih lanjut.

ADVERTISEMENTS

Faksi ISIS mengklaim bertanggung jawab atas pembantaian tersebut. Tapi pejabat-pejabat Rusia termasuk Presiden Vladimir Putin yakin Ukraina dan Barat di balik serangan tersebut.

ADVERTISEMENTS

Aljazirah melaporkan komite investigasi Rusia mengumumkan terdapat bukti-bukti “hubungan antara dana yang diterima dalam bentuk tunai dan mata uang kripto dari orang-orang atau warga negara Ukraina pada pelaku serangan ini.” Tapi, komite tidak membagikannya buktinya ke publik.

Berita Lainnya:
Alasan 3 Negara Barat Ini Akui Palestina Sebagai Negara dan Reaksi Zionis Israel 

Ukraina membantah keras terlibat dalam serangan tersebut. Kiev mengatakan Moskow sengaja menuduh Kiev sebagai alasan untuk mengintensifkan perangnya di Ukraina. Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko mengatakan  total korban tewas serangan di gedung konser itu terus bertambah mencapai 144 orang pada Jumat kemarin ketika para korban luka kritis meninggal dunia. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi