Minggu, 26/05/2024 - 21:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Kanker Prostat Juga Bisa Menyerang Lebih Dini, Apa Gejalanya?

Penderita kanker prostat (ilustrasi). Kelangsungan hidup penderita kanker prostat umumnya baik jika didiagnosis sejak dini.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Pria perlu melakukan deteksi dini kanker prostat sesuai dengan tingkatan risikonya. American Cancer Society merekomendasikan pria dengan kategori risiko rata-rata melakukan skrining pada usia 50 tahun, sementara pria berisiko tinggi terkena kanker prostat seperti pria kulit hitam dan pria dengan riwayat keluarga, melakukannya lebih awal lima tahun, yakni pada usia 45 tahun.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Lalu, pria dengan risiko lebih tinggi harus melakukan skrining pada usia 40 tahun. Konsultan urologi dari Rumah Sakit SL Raheja di Mumbai, India, dr Anand Utture menjelaskan pria perlu mengetahui gejala-gejala kanker yang diderita Raja Inggris, Charles III itu.

Berita Lainnya:
7 Model Kemeja Pria Lengan Pendek Terbaru

Ketika kelenjar prostat mengalami pembesaran, sejumlah tanda akan terasa. Penderitanya akan merasakan keinginan untuk buat air kecil, nocturia (bangun lebih dari dua kali saat malam hari untuk buang air kecil), aliran urine lemah, sulit buang air kecil, dan pembuangan urine yang tidak sempurna.

Dikutip dari Hindustan Times pada Senin (22/4/2024), menurut American Cancer Society sebanyak satu dari delapan orang laki-laki memiliki potensi menderita kanker prostat. Menurut Anand, risiko terjadinya kanker prostat meningkat saat seseorang telah memasuki umur 65 tahun.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Orang Tua Perlu Tahu: Vape Juga Mengandung Nikotin, Bisa Bikin Anak Kecanduan

Akan tetapi, kanker agresif ini juga dapat menjangkit kelompok usia yang lebih muda. Anand menjelaskan gejala dari penyakit kanker prostat di antara terdapat darah di air urine dan air mani, rasa sakit dan nyeri di bagian pinggul, punggung, dada atau tulang lainnya, dan terkadang mengalami disfungsi ereksi.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Jika kelenjar prostat membesar dan memberikan tekanan pada rektum, seseorang mungkin akan merasa sembelit,” kata Anand.

sumber : Antara

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi