Kamis, 18/07/2024 - 14:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Thailand Dilanda Cuaca Panas Ekstrem, Ini Panduan Bagi Wisatawan yang Ingin ke Sana

Wisatawan berada di tengah suhu panas (ilustrasi). BMKG memberikan tips bagi wisatawan yang akan berwisata ke Thailand. Thailand saat ini sedang dilanda suhu panas ekstrem.

JAKARTA — Thailand mengalami suhu panas atau gelombang panas yang menyebabkan heat stroke sampai menewaskan 30 orang. Suhu panas di negara tersebut mencapai lebih dari 40 derajat Celsius dan telah berlangsung beberapa hari belakangan.  

Ketua Tim Kerja Prediksi dan Peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Ida Pramuwardani menganjurkan wisatawan Indonesia yang berencana mengunjungi Thailand untuk memperhatikan risiko perjalanan wisata. Di daerah dengan suhu yang sangat panas, kata dia, aktivitas wisatawan tentu dapat terganggu.

“Bisa kesulitan melihat-lihat pemandangan atau atraksi dengan kecepatan biasanya terutama atraksi luar ruangan,” kata Ida, Jumat (26/4/2024).

Berita Lainnya:
Kiamat Diprediksi Hari Ini, Ada Delapan Gempa 'Goyang' Indonesia Pagi Ini

Kondisi ini bisa memburuk pada wisatawan dengan kategori risiko tinggi seperti kelompok lanjut usia (lansia) dan anak-anak. Wisatawan diharapkan untuk selalu mengupdate informasi. BMKG tidak memberikan larangan secara langsung wisatawan pergi ke luar negeri. Namun penting untuk menimbang risiko yang akan diterima di negara tujuan.

“Perhatikan cuaca negara tujuan yang terdampak gelombang panas di laman resmi Badan Meteorologi negara tujuan,” kata dia.

Terkait upaya menghadapi cuaca panas ekstrem, wisatawan juga bisa mengikuti langkah-langkah berikut, seperti dilansir dari Better Health:

1. Tetap sejuk

Gunakan AC atau kipas angin, kenakan pakaian yang tipis dan longgar, dan jaga agar kulit tetap basah. Caranya bisa menggunakan botol semprot atau spons basah dan mandi air dingin. 

Berita Lainnya:
NTT Diguncang Gempa Bumi M 3,8

2. Tetap terhidrasi

Saat cuaca sangat panas, tetaplah minum air sebelum merasa haus, terutama jika berada di luar ruangan atau melakukan aktivitas fisik.

3. Minim outdoor 

Batalkan atau jadwalkan ulang aktivitas dan hindari berolahraga atau berada di luar ruangan saat cuaca panas.

4. Hubungi kerabat

Beri tahu keluarga, teman, dan tetangga bahwa Anda baik-baik saja atau hubungi mereka yang berisiko tinggi atau yang mungkin membutuhkan dukungan selama hari-hari dengan cuaca sangat panas.

5. Pantau ramalan cuaca dan peringatan 

Selalu pantau ramalan cuaca gelombang panas secara daring atau melalui aplikasi di negara tujuan. Di Indonesia, BMKG memiliki media sosial maupun situs dan channel WhatsApp yang bisa diikuti.

 

 

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

قَالَ ذَٰلِكَ مَا كُنَّا نَبْغِ ۚ فَارْتَدَّا عَلَىٰ آثَارِهِمَا قَصَصًا الكهف [64] Listen
[Moses] said, "That is what we were seeking." So they returned, following their footprints. Al-Kahf ( The Cave ) [64] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi