Sabtu, 20/07/2024 - 00:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Ada Israel di Kontes Lagu Internasional, Bendera Palestina Dilarang Dipajang 

LONDON— Persatuan Penyiaran Eropa (EBU) menyatakan melarang bendera Palestina dan simbol-simbol pro-Palestina dalam ajang Eurovision Song Contest yang berlangsung pekan depan di Malmo, Swedia, menurut Anadolu, Jumat (4/5/2024).

EBU selaku penyelenggara kontes lagu internasional yang telah digelar setiap tahunnya sejak 1956, kecuali ketika pandemi pada 2020, menyatakan bahwa mereka yang akan mencoba memasuki Malmo Arena dengan membawa bendera Palestina atau spanduk berisi pesan politik akan dihentikan dan atribut tersebut akan disingkirkan.

Pengumuman tersebut, seperti dilaporkan surat kabar Göteborgs-Posten, disampaikan di tengah meningkatnya ketegangan seputar partisipasi Israel dalam kompetisi lagu itu.

Kelompok-kelompok pro-Palestina dikabarkan akan menggelar protes besar-besaran di kota tuan rumah ajang itu bersamaan dengan kontes tersebut.

Juru bicara kepolisian Malmo, Nils Norling, mengatakan otoritas setempat memperkirakan 100 ribu pendemo akan datang ke kota tersebut.

Lebih dari 20 ribu juga akan datang dari berbagai negara di Eropa ke Malmo untuk memprotes keikutsertaan Israel dalam kompetisi musik itu.

Gerakan Palestine Network juga telah menggalang dukungan untuk melakukan demonstrasi dan aktivitas budaya lainnya di Malmo selama pekan Eurovision, lapor media penyiaran nasional SVT Nyheter.

Berita Lainnya:
Wabah Infeksi Bakteri Pemakan Daging Merebak di Jepang

“Kami merencanakan dua demonstrasi besar dan damai pada 9 dan 11 Mei di Malmo. Kami berharap banyak orang datang dari Denmark untuk berparstisipasi,” kata Per-Olof Karlsson, salah satu penyelenggara unjuk rasa.

Ketika ditanya mengapa protes itu penting dilakukan, ia berkata: “Karena Israel harus dikeluarkan dari Eurovision seperti yang mereka lakukan terhadap Rusia.”

Pasalnya, Israel telah menewaskan 34.600 warga Palestina di Gaza, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dalam serangannya ke daerah kantong Palestina itu sejak Oktober lalu.

Sebagai solidaritas dengan warga Palestina di Gaza dan sebagai bagian dari protes, acara musik tandingan bernama Falastinvision akan digelar pada hari terakhir Eurovision Song Contest pada 11 Mei di Malmo.

Sejumlah artis dari Swedia dan negara Eropa lainnya akan berpartisipasi untuk menunjukkan dukungan mereka bagi warga Palestina.

Otoritas setempat telah meminta peningkatan keamanan termasuk melengkapi polisi dengan senapan mesin ringan dan bala bantuan dari Denmark dan Norwegia.

Malmo, kota terbesar ketiga di Swedia, adalah rumah bagi sekitar 360 ribu orang yang berasal dari 186 negara, termasuk sebagian besar penduduk Palestina dan Muslim.

Berita Lainnya:
Catat Rekor, Israel Rampas Tanah Palestina Hingga 2.370 Hektar, Terbesar dalam Tiga Dekade

Pada 2022 Rusia dilarang mengikuti Eurovision yang diadakan di Turin, Italia, setelah negara tetangganya, Finlandia mengancam akan menarik wakil mereka kecuali jika negara tersebut dilarang karena tindakan Moskow menginvasi Ukraina.

EBU selaku penyelenggara bahkan melarang Rusia ikut ajang-ajang berikutnya.

Kemudian Islandia disanksi oleh EBU setelah wakilnya Hatari mengibarkan bendera Palestina selama penampilannya ketika kontes itu digelar di Israel pada 2019.

Pada Desember, dewan Masyarakat Penulis dan Komposer Islandia (FTT) secara terbuka meminta lembaga penyiaran publik Islandia RUV untuk tidak ambil bagian dalam kontes lagu tersebut “kecuali jika Israel ditolak berpartisipasi dengan alasan yang sama seperti Rusia pada kompetisi terakhir.”

“Kita semua mempunyai kewajiban untuk mengambil sikap menentang perang dan pembunuhan warga sipil dan anak-anak yang tidak bersalah,” kata Direktur Jenderal FTT Stefan Eiriksson dalam surat terbukanya kepada RUV.

Final kontes Eurovision 2024 akan berlangsung pada 11 Mei menyusul kemenangan Swedia pada edisi 2023 dengan lagi Tatoo karya Loreen.

sumber : Antara

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

إِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْأَرْضِ زِينَةً لَّهَا لِنَبْلُوَهُمْ أَيُّهُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا الكهف [7] Listen
Indeed, We have made that which is on the earth adornment for it that We may test them [as to] which of them is best in deed. Al-Kahf ( The Cave ) [7] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi