Senin, 22/07/2024 - 06:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Israel Klaim Bangun RS Baru di Jalur Gaza Bagian Tengah

Warga Palestina antre untuk pembagian makanan di Deir al Balah, Gaza, Jumat, (10/5/2024).

GAZA — Israel menyebut telah mendirikan rumah sakit lapangan baru di dekat desa Deir al-Balah di bagian tengah Jalur Gaza. Hal ini dilakukan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada penduduk daerah kantong tersebut dan bagi warga yang terpaksa meninggalkan Kota Rafah.

“Hari ini (Sabtu, 11/5/2024), Koordinator Kegiatan Pemerintah di Wilayah (COGAT) mengumumkan pendirian rumah sakit lapangan baru yang dijalankan oleh Korps Medis Internasional di Jalur Gaza berkoordinasi dengan IDF dan COGAT,” kata IDF melalui Telegram pada Sabtu.

Rumah sakit lapangan tersebut, lanjut IDF, didirikan pada daerah Deir al-Balah di Jalur Gaza tengah dan mulai beroperasi dalam beberapa hari terakhir. IDF menambahkan, rumah sakit tersebut adalah rumah sakit lapangan kedelapan yang dibuka oleh Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Berita Lainnya:
Cara Studi The Lancet Ungkap Jumlah Warga Gaza yang Dibunuh Israel Capai 186 Ribu Jiwa

Sekitar 150 pekerja medis dari seluruh dunia diperkirakan akan bekerja di rumah sakit baru tersebut, demikian bunyi pernyataan tersebut. “Sebagai bagian dari tindakan kemanusiaan untuk memfasilitasi evakuasi sementara warga sipil dari wilayah Rafah timur, beberapa rumah sakit lapangan yang ada dipindahkan ke Wilayah Kemanusiaan yang diperluas di Al-Mawasi dengan berkoordinasi dengan komunitas internasional,” ucap pernyataan tersebut.

Pemindahan tersebut, menurut IDF, diiringi dengan peningkatan pasokan, tenda, makanan, air, dan obat-obatan. Pada 7 Oktober 2023, Hamas melancarkan serangan roket skala besar terhadap Israel dan melanggar perbatasan, menyerang kawasan sipil dan pangkalan militer. Hampir 1.200 orang di Israel tewas dan sekitar 240 lainnya diculik dalam serangan itu.

Berita Lainnya:
Latihan Perang dengan Rusia, Belarus: Tentara Siap Gunakan Senjata Nuklir

Kemudian, Israel melancarkan serangan balasan, memerintahkan blokade total terhadap Gaza, dan memulai serangan darat ke daerah kantong Palestina. Hal ini dilakukan dengan tujuan melenyapkan pejuang Hamas dan menyelamatkan para sandera.

Lebih dari 34.900 orang telah terbunuh sejauh ini akibat serangan Israel di Jalur Gaza, menurut otoritas setempat. Lebih dari 100 sandera diyakini masih ditahan oleh Hamas di Gaza.

sumber : Antara, Sputnik

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

كَذَٰلِكَ وَقَدْ أَحَطْنَا بِمَا لَدَيْهِ خُبْرًا الكهف [91] Listen
Thus. And We had encompassed [all] that he had in knowledge. Al-Kahf ( The Cave ) [91] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi