Selasa, 16/07/2024 - 23:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

SPORT

Unik, MU Sedang Terpuruk Tapi Tetap Jadi Klub Terkaya

 JAKARTA — Manchester United dinobatkan sebagai klub sepak bola paling bernilai di dunia. Dan 20 tim Major League Soccer (MLS) berada dalam daftar 50 besar dunia.

Dalam angka yang dikumpulkan oleh Sportico, United bernilai 6,2 miliar USD atau sekira Rp 99,71 triliun, dengan Real Madrid 6,06 miliar USD atau sekira Rp 97,44 triliun, Barcelona 5,28 miliar USD atau sekira Rp 84,9 triliun, Liverpool 5,11 miliar USD atau sekira Rp 82,17 triliun, dan Bayern Munchen 4,8 miliar USD atau sekira Rp 77,19 triliun melengkapi lima besar.

Los Angeles FC 1,15 milyar USD atau sekira Rp 18,50 triliun  adalah klub MLS dengan peringkat tertinggi di urutan ke-15, dengan Atlanta United, Inter Miami, LA Galaxy dan New York City FC berada di urutan 20 besar.

Liga Premier adalah liga yang paling banyak diwakili dalam daftar dengan sembilan klub di 50 besar; namun, valuasi kumulatif mereka sebesar 29 miliar USD atau sekira Rp 466,30 triliun hampir dua kali lipat dari 20 klub MLS 15,1 miliar USD atau sekira Rp 242,80 triliun.

Klub-klub La Liga memiliki total kumulatif liga tertinggi ketiga dengan 13 miliar USD atau sekira Rp 209 triliun namun hanya diwakili oleh tiga klub (Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid) dalam daftar.

Serie A memiliki enam klub dalam daftar, namun tidak ada yang masuk dalam 10 besar, dengan Juventus ke-11, 1,77 milyar USD atau sekira Rp 28,5 triliun , Milan (ke-14, 1.2 milyar USD atau sekira Rp 19,30 triliun) dan Inter (ke-16, 1.06 milyar USD atau sekira Rp 17,05 triliun) yang memimpin valuasi klub-klub Italia.

Namun, empat klub yang diwakili Bundesliga Jerman (7.6 milyar USD atau sekira Rp 122,24 triliun) melampaui penilaian Serie A (6.1 milyar USD atau sekira Rp 98,11 triliun), dengan Ligue 1 (4.8 milyar USD atau sekira Rp 77,21 triliun) berada di peringkat kelima di antara klub-klub liga Eropa yang diwakili.

50 besar juga mencakup tiga klub Liga MX (Amerika, Guadalajara dan Monterrey), di samping satu klub dari Eredivisie Belanda (Ajax), Primeira Liga Portugal (Benfica) dan Serie A Brasil (Flamengo).

Model penilaian klub dari Sportico mirip dengan daftar orang kaya sepak bola Forbes, yang juga memantau dan menghitung nilai total dari klub-klub sepak bola. Real Madrid dinobatkan sebagai klub paling bernilai di dunia mengungguli Manchester United dalam daftar terbaru Forbes, yang diterbitkan pada Mei 2023.

 

Bagaimana angka-angka tersebut dihitung?

Sportico menghitung aliran pendapatan berdasarkan angka-angka yang dipublikasikan oleh rekening klub.

Angka-angka pendapatan dibagi ke dalam tiga kategori: siaran, komersial dan hari pertandingan.

Siaran terdiri dari kesepakatan-kesepakatan dengan media domestik dan internasional, serta hadiah-hadiah kompetisi.

Pendapatan komersial didasarkan pada pemasukan dari sponsor, iklan, perhotelan, katering dan acara-acara non-kompetisi, dengan perjanjian sponsor kit dan stadion yang membantu meningkatkan angka-angka ini.

Pendapatan hari pertandingan diperoleh dari penjualan tiket, pendapatan keanggotaan, kompetisi piala dan tiket pramusim.

Selain itu, Sportico mengatakan bahwa mereka menggunakan “pengganda khusus tim” yang mereka gambarkan sebagai “berdasarkan beberapa faktor, termasuk: penjualan historis, pasar (ukuran, kejenuhan, dan minat oleh calon pemilik), kekuatan merek, kinerja di lapangan (historis dan baru-baru ini), persyaratan sewa fasilitas, beban utang dan kewajiban tambahan, serta ekonomi tim dan liga yang diharapkan di masa depan.” Ini juga termasuk faktor eksternal, termasuk apakah klub dapat terdegradasi.

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَعَرَضْنَا جَهَنَّمَ يَوْمَئِذٍ لِّلْكَافِرِينَ عَرْضًا الكهف [100] Listen
And We will present Hell that Day to the Disbelievers, on display - Al-Kahf ( The Cave ) [100] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi