Rabu, 24/07/2024 - 06:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Sering Lupa pada Lansia Bisa Jadi Pertanda Demensia

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Orang tua sering pikun? Jika ya, sebaiknya Anda tidak menyepelekan hal tersebut. Pasalnya, dokter spesialis neurologi RS Pusat Otak Nasional Prof Dr dr Mahar Mardjono dr Ratih Puspa mengatakan hal itu dapat menjadi pertanda demensia.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Dia mencontohkan, apabila nenek biasanya bisa memasak, namun kali ini masakannya ditinggal hingga gosong, yang dapat memicu kebakaran; atau tiba-tiba lupa cara mengoperasikan gawai pintar meski sering memakai.  Dr Ratih menyebut banyak orang menganggap bahwa orang tua yang sering lupa adalah hal yang wajar karena bagian dari proses penuaan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Perlu segera diperiksakan untuk mengetahui apakah ada demensia atau tidak. Deteksi dini membuat komplikasi atau perjalanan penyakit tersebut dapat dicegah.  

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Dia menjelaskan, selain sering lupa tersebut, yang perlu diperhatikan adalah ketika orang tua tersebut menjadi sulit dalam berkomunikasi, seperti sulit menyebutkan kata-kata atau berbicaranya lancar namun tidak nyambung saat diajak mengobrol.

Berita Lainnya:
Obat Diabetes Ini Marak Dipalsukan, Masyarakat Diimbau Waspada
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

“Supaya si orang yang dengan demensia ini dapat hidup dengan baik, dalam arti walaupun dia mungkin mengalami ketergantungan, tetapi dia bisa mengupayakan untuk dirinya sendiri minimal, dia bisa makan sendiri dengan sendok,” kata dia dalam diskusi bertajuk “Cegah Demensia Pada Lansia!” oleh Kementerian Kesehatan di Jakarta, Selasa (28/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Dia menyebut, demensia adalah gangguan kognitif dan neuropsikiatri yang disebabkan oleh proses degeneratif yakni penurunan fungsi tubuh, yang umumnya ditemukan pada orang lanjut usia. Penyakit itu menyebabkan gangguan pada memori serta kemandirian.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Polusi Udara tak Hanya Buruk Bagi Pernapasan, Ternyata Bisa Juga Ganggu Kesehatan Mental

Selain kemampuan berpikir yang menurun, ujarnya, pada demensia yang parah, penderita menjadi sering marah, berhalusinasi, sering berjalan-jalan saat tengah malah untuk beraktivitas. Dokter itu mencontohkan sejumlah komplikasi akibat demensia, yaitu infeksi paru-paru atau saluran kemih, malnutrisi karena tidak mau makan, dan dekubitus atau lecet-lecet di kulit akibat sering berbaring.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Untuk pemeriksaan dapat dilakukan dengan MMSE (mini mental state examination). Menurutnya, demensia bukanlah akhir segalanya. Dia mengatakan, apabila menderita demensia, pola hidup yang bersih dan sehat perlu tetap diupayakan guna memperlambat proses penurunan kondisi. Selain itu, katanya, latihan-latihan dan stimuli dari keluarga dan pengasuh (caregiver) penting agar pasien dapat hidup lebih mandiri dan lebih baik.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

قَالَ هَٰذَا فِرَاقُ بَيْنِي وَبَيْنِكَ ۚ سَأُنَبِّئُكَ بِتَأْوِيلِ مَا لَمْ تَسْتَطِع عَّلَيْهِ صَبْرًا الكهف [78] Listen
[Al-Khidh r] said, "This is parting between me and you. I will inform you of the interpretation of that about which you could not have patience. Al-Kahf ( The Cave ) [78] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi