Selasa, 16/07/2024 - 21:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Penuhi Nutrisi Anak pada Lima Tahun Pertama Cegah Anemia

Petani memanen kacang tanah. Salah satu sumber zat besi adalah kacang-kacangan.

JAKARTA — Dokter Spesialis Gizi Klinik Dr Luciana Budiati Sutanto mengimbau orang tua untuk memenuhi nutrisi anak secara seimbang pada lima tahun pertama kehidupannya. Hal ini bertujuan untuk mencegah anak menderita anemia.

“Anak-anak Indonesia masih menghadapi tantangan kesehatan utama seperti anemia. Padahal, pada lima tahun pertama kehidupannya, anak harus tercukupi nutrisinya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang lengkap nutrisi,” ucap Luciana Budiati Sutanto dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (31/5/2024).

Ia menyampaikan bahwa komponen nutrisi yang penting untuk membantu mencegah anemia pada anak balita adalah zat besi. Menurutnya, mineral tersebut juga diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang optimal anak, tidak hanya dari segi fisik tetapi juga kecerdasan otak.

Dia menuturkan bahwa zat besi bisa didapatkan dari daging merah, kerang-kerangan, ikan, hati, kacang kedelai, kacang-kacangan, dan susu yang diperkaya zat besi.

Selain itu, Luciana menyatakan bahwa vitamin C juga penting agar anak dapat tumbuh dengan optimal karena zat tersebut dapat meningkatkan penyerapan zat besi di dalam usus hingga dua kali lipat.

“Dengan demikian, mengonsumsi susu pertumbuhan yang diperkaya zat besi dan dikombinasikan dengan vitamin C akan diperoleh asupan zat besi yang lebih tinggi,” katanya.

Ia menuturkan bahwa susu pertumbuhan juga merupakan sumber protein hewani yang mempunyai nilai-nilai biologis tinggi dibandingkan dengan protein nabati karena memiliki asam amino yang lebih kompleks dan mudah diserap tubuh.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

مَّاكِثِينَ فِيهِ أَبَدًا الكهف [3] Listen
In which they will remain forever Al-Kahf ( The Cave ) [3] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi