Selasa, 16/07/2024 - 22:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Seekor Harimau Terekam Kamera CCTV Masjid di Lubuk Selasih Solok 

Tangkapan layar dari rekaman CCTV yang dikirim ke salah satu akun sosial media daring di mana terlihat seekor harimau sumatera tengah berjalan di halaman Masjid Alisma Alius, Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumbar.

 SOLOK — Seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) terekam kamera pengintai CCTV tengah berkeliaran di halaman Masjid Alisma Alius Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumbar. Hal itu dibenarkan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Barat Lugi Hartanto saat dikonfirmasi dari Solok, Jumat (31/5/2024).

Pihaknya mendapat laporan terkait seekor harimau sumatera yang tengah berkeliaran di halaman Masjid Alisma Alius dan terekam CCTV pada Kamis (30/5/2024) diperkirakan pukul 02.00 WIB dini hari. Setelah mendapatkan laporan tersebut tim Balai KSDA Sumbar bersama tim nagari langsung turun ke lokasi kejadian melakukan upaya mitigasi dan mengedukasi agar masyarakat tenang.

Tim melakukan upaya penggiringan satwa ke habitatnya yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat tenang dan tidak terdapat korban jiwa baik dari pihak manusia maupun satwa.

Selain itu, tim BKSDA juga berkoordinasi dengan Polsek Gunung Talang, Polres, Bhabinsa dan pemerintahan nagari untuk membantu melakukan penggiringan. “Hingga tadi malam tim gabungan masih melakukan penghalauan bersama,” katanya.

Ia mengaku tim di lapangan tidak melihat langsung sosok harimau tersebut. Namun, dilihat dari rekaman CCTV dapat dianalisa ke mana arah pergerakannya.

Sehingga tim mulai dari pagi kemarin hingga saat ini sangat intens mengantisipasi keberadaan harimau tersebut dengan cara membunyikan meriam karbit agar satwa tidak lagi mendekati wilayah tersebut dan mengedukasi masyarakat agar tetap waspada dalam beraktivitas.

Sebelumnya, tengah beredar di sosial media mengenai rekaman video pengintai CCTV Masjid Alisma Alius yang merekam dengan jelas aktivitas seekor harimau sedang berjalan melewati halaman masjid itu dalam durasi 31,4 detik pada Kamis tanggal 30 Mei 2024 pukul 00:31:21.

Berdasarkan tangkapan layar dari rekaman CCTV tersebut, harimau itu muncul dari arah Solok, lalu masuk ke halaman masjid. Berdiam sejenak, kemudian berjalan ke arah Padang. Harimau itu kembali lagi ke halaman masjid tersebut. Kemudian harimau itu berlalu dan hilang dari tangkapan kamera.

sumber : Antara

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا الكهف [47] Listen
And [warn of] the Day when We will remove the mountains and you will see the earth prominent, and We will gather them and not leave behind from them anyone. Al-Kahf ( The Cave ) [47] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi