Kamis, 18/07/2024 - 14:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Permintaan Global Menguat, Aktivitas Pabrik di Asia Meningkat

Pengunjung melihat-lihat barang yang dipamerkan dalam Pameran Indo Leather & Footwear Expo 2023 di JlExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (3/5/2023).

 TOKYO — Survei swasta menunjukkan aktivitas pabrik di Asia meningkat pada bulan Mei karena produsen mendapat manfaat dari meningkatnya permintaan global. Ini menambah harapan pemulihan ekonomi berkelanjutan di wilayah di mana China menunjukkan tanda-tanda awal pemulihan.

Aktivitas manufaktur meningkat di Jepang untuk pertama kalinya dalam satu tahun dan di Korea Selatan dengan laju tercepat dalam dua tahun. Ini sebagian disebabkan oleh peningkatan di sektor otomotif dan semikonduktor, menurut survei.

Survei Caixin swasta China juga menunjukkan aktivitas pabrik meningkat pada laju tercepat dalam dua tahun pada bulan Mei karena produksi yang kuat dan pesanan baru, sehingga menawarkan harapan pemulihan yang luas di Asia dan belahan dunia lainnya.

Berita Lainnya:
HK Ajukan PMN Rp 13,8 Triliun pada 2025 untuk Selesaikan Jalan Tol Trans Sumatera

Angka yang kuat ini menunjukkan pemulihan di sektor manufaktur yang menopang pertumbuhan Asia dan meredam dampak volatilitas pasar yang disebabkan oleh ketidakpastian kebijakan moneter AS. Namun, beberapa analis berhati-hati terhadap prospek tersebut.

“Peningkatan aktivitas pabrik mungkin didorong oleh harapan bahwa produksi China akan meningkat di masa depan. Namun masalahnya adalah permintaan di negara tersebut tidak banyak membaik,” kata Toru Nishihama, kepala ekonom pasar berkembang di Dai-ichi Life Research Institute Jepang.

Berita Lainnya:
China Kutuk Pernyataan Provokatif Sekjen NATO

“Masih terlalu dini untuk menilai apakah perbaikan ini akan berkelanjutan, mengingat ketidakpastian mengenai kekuatan pasar besar seperti Tiongkok dan Amerika Serikat,” katanya.

Indeks manajer pembelian manufaktur (PMI) final au Jibun Bank Jepang naik menjadi 50,4 pada bulan Mei dari 49,6 pada bulan April, setelah terakhir kali naik di atas ambang batas 50,0 – yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi aktivitas – pada Mei 2023.

PMI Korsel juga naik….

 

sumber : reuters

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

قَالَ فَإِنِ اتَّبَعْتَنِي فَلَا تَسْأَلْنِي عَن شَيْءٍ حَتَّىٰ أُحْدِثَ لَكَ مِنْهُ ذِكْرًا الكهف [70] Listen
He said, "Then if you follow me, do not ask me about anything until I make to you about it mention." Al-Kahf ( The Cave ) [70] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi