Senin, 22/07/2024 - 05:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Tanpa AC atau Kipas, Ini Trik Tidur Nyenyak Saat Suhu Panas

JAKARTA — Gelombang panas maupun suhu panas terik tengah melanda sebagian besar kawasan Asia, termasuk Indonesia. Pada Mei, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan kenaikan suhu di beberapa wilayah seperti Japayura, Papua (35,6 derajat Celsius); Surabaya (35,4 derajat Celsius); Palangkaraya (35,3 derajat Celsius); serta DKI Jakarta (34,4 derajat Celsius).

BMKG menyatakan kenaikan suhu ini diklasifikasikan sebagai suhu panas terik, yang tetap perlu diantisipasi agar tak menimbulkan dampak berarti. Namun di tengah tantangan iklim ini, tak semua masyarakat memiliki pendingin udara di rumahnya sehingga suhu panas bisa mengganggu kualitas tidur seseorang.

Sebagai solusi, pakar tidur dari Mattress Online, James Wilson memberikan lima tips untuk membantu Anda tidur nyenyak di tengah cuaca panas. Berikut rinciannya seperti dilansir Express, Selasa (4/6/2024):

1. Botol air panas

Berita Lainnya:
Restoran di Semarang Pekerjakan Karyawan Difabel, Banjir Komentar Positif

Tips pertama ini mungkin terdengar aneh, namun tidak bagi Wilson. Menurut Wilson, untuk mendapatkan sensasi sejuk, seseorang bisa meletakkan kaki di atas botol air hangat sebelum beranjak ke tempat tidur. “Hal ini akan menurunkan suhu inti tubuh yang kita butuhkan untuk tidur,” kata Wilson.

2. Tidak panik, cobalah tetap tenang

Wilson mengatakan, menerapkan mindset yang positif sangat penting untuk membuat tidur lebih nyenyak. “Terimalah bahwa tidur akan lebih sulit, cobalah untuk tetap tenang dengan kenyataan itu,” kata dia.

3. Tak perlu masukkan sprei ke kulkas sebelum tidur

Meskipun banyak yang menyarankan untuk menyimpan sprei atau selimut di kulkas sebelum tidur untuk mendapat sensasi sejuk, namun Wilson menilai hal itu tak perlu dilakukan. Wilson mengatakan, suhu dingin yang tiba-tiba malah akan meningkatkan suhu tubuh. 

Berita Lainnya:
Resto Sushi di Semarang Pekerjakan Karyawan Difabel, Banjir Komentar Positif

“Tidak hanya itu, sesuatu yang beku akan mencair dan menyebabkan masalah. Kelembaban yang dihasilkannya akan menghangat, membuat Anda semakin kepanasan,” kata Wilson.

4. Gunakan sprei yang menyerap keringat

Wilson mengatakan penggunaan selimut atau sprei yang tepat ketika suhu panas sangat penting. Menurut dia, pakailah sprei atau selimut dari bahan yang mudah menyerap keringat dan menghilangkan kelembapan, sehingga tidur bisa lebih nyenyak.

5. Membuka sedikit jendela

Mengalirkan angin sepoi-sepoi ke dalam rumah bisa menjadi solusi saat suhu panas. Menurut Wilson, membiarkan jendela terbuka akan membuat cuaca terasa lebih sejuk.

“Mengalirkan udara ke dalam rumah jika memungkinkan, dan menutup tirai dan gorden saat ada sinar matahari langsung ke ruangan bisa sangat membantu,” kata dia. 

 

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنزَلَ عَلَىٰ عَبْدِهِ الْكِتَابَ وَلَمْ يَجْعَل لَّهُ عِوَجًا ۜ الكهف [1] Listen
[All] praise is [due] to Allah, who has sent down upon His Servant the Book and has not made therein any deviance. Al-Kahf ( The Cave ) [1] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi