Rabu, 24/07/2024 - 06:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Dokter: Rajin Olahraga Tekan Risiko Fatal Saat Serangan Jantung Pertama

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Berolahraga saat usia muda sangat baik melindungi kesehatan jantung.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

 JAKARTA — Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah sekaligus Ahli Ilmu Faal Olahraga Siloam Hospitals Lippo Village Vito Damay mengatakan, rajin berolahraga di usia muda justru dapat menekan risiko fatal saat individu mengalami serangan jantung yang pertama. Ia menyampaikan penegasan tersebut guna mengoreksi kesalahpahaman masyarakat yang menyimpulkan kasus-kasus atlet meninggal saat berolahraga adalah akibat dari serangan jantung.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Orang-orang yang tidak olahraga sama sekali biasanya serangan pertama langsung lebih fatal akibatnya dibandingkan dengan mereka yang rajin olahraga,” kata Vito dalam gelar wicara daring Kementerian Kesehatan bertajuk “FOMO Olahraga, Boleh. Asal Perhatikan Kondisi Jantungmu!” di Jakarta pada Jumat (7/6/2024).

Berita Lainnya:
Udara 'Beracun', Jantung Terancam: Ini Bahaya Tersembunyi Polusi Udara Jangka Panjang
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Individu yang rajin berolahraga pada masa muda, lanjutnya, memiliki jantung dengan banyak serabut pembuluh darah yang nantinya tetap dapat berfungsi mengalirkan darah ketika pembuluh darah besar mengalami penyumbatan akibat penebalan dinding.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Aktivitas olahraga pada masa muda telah membiasakan jantung untuk memompa darah lebih cepat. Ini membuat jantung lebih sigap ketika mengalami tekanan darah tinggi akibat pola gaya hidup atau kondisi lanjut usia, yang membuat organ dalam tubuh tidak lagi elastis dan mulai kaku.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Jadi jantung bisa menghemat tenaga. Itulah maksudnya manfaat olahraga. Jadi olahraga membuat jantung lebih tahan seandainya pun terjadi serangan, karena punya banyak serabut pembuluh darah kecil yang bisa membantu mengalirkan oksigen di daerah yang terjadi penyumbatan,” kata dia.

Berita Lainnya:
Mata Sehat Bebas Iritasi, Ini Cara Merawat Lensa Kontak Agar Terhindar dari Masalah
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat yang belum memasuki lanjut usia agar rajin menjaga gaya hidup, berolahraga setiap hari, mulai dari jalan kaki, lari, dan kegiatan aktif lainnya sekaligus rutin memeriksakan kesehatan jantung.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“Penyakit jantung koroner yang kita tahu serangan jantung justru penyakit yang bisa dicegah. Itu makanya sangat ironis, kok bisa penyakit yang bisa dicegah dan dideteksi sebelumnya, malah sering sekali menyebabkan seorang kolaps. Kuncinya olahraga, pencegahan, sama pemeriksaan medisnya,” tegasnya.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَمَا نُرْسِلُ الْمُرْسَلِينَ إِلَّا مُبَشِّرِينَ وَمُنذِرِينَ ۚ وَيُجَادِلُ الَّذِينَ كَفَرُوا بِالْبَاطِلِ لِيُدْحِضُوا بِهِ الْحَقَّ ۖ وَاتَّخَذُوا آيَاتِي وَمَا أُنذِرُوا هُزُوًا الكهف [56] Listen
And We send not the messengers except as bringers of good tidings and warners. And those who disbelieve dispute by [using] falsehood to [attempt to] invalidate thereby the truth and have taken My verses, and that of which they are warned, in ridicule. Al-Kahf ( The Cave ) [56] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi