Rabu, 24/07/2024 - 23:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Didukung Nutrition International, Pemkab Sumedang Entaskan Stunting Lewat Puskesmas Paseh

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

SUMEDANG — Di sebuah sekolah sederhana di Kabupaten Sumedang, tepatnya di Madrasah Tsanawiyah Maarif Sidaraja, sebuah upaya besar sedang dilakukan untuk menekan angka stunting dan anemia di kalangan remaja putri.  MTS Maarif Sidaraja yang terletak Jalan Raya Sidaraja Nomor 369 desa Padanaan, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang menjalankan program pemberian tablet tambah darah kepada seluruh siswi perempuan setiap Selasa di jam pelajaran pertama.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Program pemberian tablet tambah darah (TTD) ini menjadi salah satu langkah konkrit yang dijalankan Pemerintah Kabupaten Sumedang yang dipantau unit Kesehatan terkecil i masyarakat yaitu Puskesmas Paseh. Program ini juga merupakan bagian dari inisiatif Nutrition International, yang telah berjalan sejak 2019 dalam program Better Investment for stunting (BISA).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Agus Nurdin Rudiana, Kepala MTS Maarif Sidaraja, mengungkapkan bahwa program TTD sebenarnya sudah diterapkan di sekolahnya sejak 2016. Hingga kemudian semakin massif dijalankan semenjak 2019.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

“Setiap hari Selasa, remaja putri mendapatkan tablet tambah darah. Kami juga memiliki kader TTD yang kini disebut Sobat Gemaz,” ujar Agus.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Program ini menghadapi berbagai tantangan, seperti keluhan mual, kekhawatiran akan bertambah gemuk, larangan dari orang tua, hingga takut minum obat. Namun, peran aktif guru dan kesiswaan dalam mengedukasi pentingnya TTD menjadi kunci keberhasilan program ini. “Guru bidang kesiswaan selalu mengingatkan pentingnya meminum tablet penambah darah,” tambah Agus.

Berita Lainnya:
Manfaat Asupan Isotonik dengan Komposisi Tepat untuk Tetap Bugar dalam Keseharian
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Selain TTD, sekolah juga mengadakan kegiatan Aksi Bergizi, yang melibatkan pembuatan tumpeng dengan gizi seimbang. Kampanye ini juga menyasar orang tua murid melalui pembina PMR dan rapat komite, yang mengedukasi mereka tentang pentingnya TTD dan dampaknya bagi prestasi akademik anak.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Kolaborasi dengan Puskesmas dan Pemerintah

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Puskesmas Paseh, sebagai mitra utama, turut mendukung program ini dengan melakukan pemeriksaan dini terhadap anemia pada remaja putri. Rini Raniati, Kepala Puskesmas Paseh, menyatakan bahwa kolaborasi dengan seluruh stakeholder dalam program BISA, termasuk tim percepatan penurunan stunting di puskesmas dan kecamatan, sangat penting dalam program ini.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Aceng Solahudin, juga menyampaikan bahwa berkat kerja sama yang baik, angka stunting di Sumedang berhasil diturunkan dari 23 persen menjadi 14 persen. “Kebersamaan kami menjadi kunci. Semua bisa menjadi Kadis Kesehatan saat bicara tentang stunting,” ujarnya.

Selain fokus pada stunting, Dinas Kesehatan juga memperhatikan masalah underweight, wasting (gizi kurang dan gizi buruk), dan optimalisasi pemberian ASI eksklusif. Aceng menyebutkan bahwa tingkat ASI eksklusif di Sumedang sudah mencapai lebih dari 80 persen.

 

Peran Murid dan Orang Tua

Berita Lainnya:
Bukan cuma Pencernaan, Sakit Perut Bisa Jadi Tanda Anak Alami Masalah Kecemasan

Program ini tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga pada prestasi akademik siswa. Intan Nur Aulia dan Alipvia Nuraini, siswa kelas 9 di MTS Maarif Sidaraja, mengaku bahwa setelah rutin mengonsumsi TTD, lebih mudah berkonsentrasi dalam belajar.

Untuk mendukung keberlanjutan program, edukasi kepada orang tua sangat penting. Umumnya, orang tua murid mengakui bahwa pengetahuan tentang stunting dan anemia sangat membantu dalam memahami pentingnya pemberian nutrisi yang tepat bagi anak-anak mereka.

Secara umum, meski program ini berjalan dengan baik, tantangan tetap ada. Kebiasaan merokok di kalangan keluarga masih menjadi masalah besar. Aceng menyebutkan bahwa sekitar 88 persen keluarga di Sumedang masih memiliki anggota yang merokok, yang berdampak buruk pada kesehatan anak-anak. “Kami membuat komitmen bahwa penerima bantuan harus menandatangani pakta integritas untuk tidak merokok di dalam ruangan, terutama jika ada balita,” jelasnya.

 

Pemberian makanan tambahan (PMT) juga menjadi fokus penting, terutama bagi ibu hamil dengan kondisi kronis. Pemberian ASI eksklusif masih mengalami kendala, terutama bagi ibu bekerja. Namun, upaya edukasi terus dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, Sumedang menunjukkan bahwa kolaborasi antara pemerintah, sekolah, puskesmas, dan masyarakat dapat membawa perubahan signifikan dalam menurunkan angka stunting dan anemia.

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah

1 2

Reaksi & Komentar

وَاضْرِبْ لَهُم مَّثَلَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا كَمَاءٍ أَنزَلْنَاهُ مِنَ السَّمَاءِ فَاخْتَلَطَ بِهِ نَبَاتُ الْأَرْضِ فَأَصْبَحَ هَشِيمًا تَذْرُوهُ الرِّيَاحُ ۗ وَكَانَ اللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ مُّقْتَدِرًا الكهف [45] Listen
And present to them the example of the life of this world, [its being] like rain which We send down from the sky, and the vegetation of the earth mingles with it and [then] it becomes dry remnants, scattered by the winds. And Allah is ever, over all things, Perfect in Ability. Al-Kahf ( The Cave ) [45] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi