Rabu, 24/07/2024 - 07:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Ini Keutamaan Akal Manusia Menurut Islam

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Allah SWT telah menetapkan bahwa manusia adalah khalifah-Nya di muka bumi. Dalam menjalankan tugas itu, setiap insan dibekali dengan akal. Keberadaan pikiran rasional juga membedakannya dari makhluk-makhluk lain, semisal hewan yang hanya mengandalkan insting dan hawa nafsu.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Tentang akal, Nabi Muhammad SAW bersabda, seperti diriwayatkan at-Tirmidzi, “Tidak ada yang lebih mulia dari makhluk-makhluk ciptaan Allah selain akal.” Dengan demikian, Islam bukanlah agama yang mematikan akal. Nalar yang sehat justru dapat menjadi jalan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah, alih-alih bersikap kufur dan ingkar.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Sarana berpikir

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Dalam Alquran, terdapat lebih dari 700 ayat yang menyuruh manusia untuk merenungi penciptaan alam semesta. Perenungan demikian mustahil dilakukan tanpa adanya akal pikiran.

Berita Lainnya:
Baca Surah Al-Waqiah Membuka Pintu Rezeki Padahal Artinya Hari Kiamat, Kok Bisa?
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Nalar juga menjadi syarat dalam mempelajari semua ilmu. Dan, Islam tidak mungkin diamalkan tanpa seseorang berilmu. Karena itu, pemikiran yang ideal adalah ketika akal terhubung dengan cahaya iman serta dorongan untuk terus menerus meningkatkan ketakwaan.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Instrumen pembeda

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

“Dan Kami lebihkan mereka (manusia) di atas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna” (QS al-Isra: 70). Menurut tafsir para ulama, yang dimaksud dengan kelebihan dalam ayat tersebut, antara lain, adalah kemampuan berpikir. Itulah yang menjadi pembeda manusia.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Namun, kedudukan insan bisa jadi lebih rendah daripada makhluk nirakal bila hawa nafsunya tak terkendali. Terlebih lagi bagi orang-orang yang enggan menerima kebenaran. Dalam surah al-A’raf ayat 179, Allah mengibaratkan penduduk neraka jahanam sebagai hewan ternak atau bahkan lebih rendah lagi. Sebab, mereka tidak menggunakan hati, mata, dan telinga untuk memahami risalah Islam.

Berita Lainnya:
Mereka Minta Kedatangan Kiamat Dipercepat
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Syarat amalkan syariat

Dengan akal, seorang Muslim dapat mengamalkan syariat dan beribadah. Bila seseorang kehilangan nalar sehatnya, semisal mereka yang mengidap gangguan kejiwaan, maka tidaklah ia menerima beban syariat. “Pena diangkat (dibebaskan) dari tiga golongan, (yakni) orang yang tidur sampai ia bangun; anak kecil sampai bermimpi (baligh); dan orang gila sampai ia kembali sadar (berakal),” sabda Nabi SAW.

Beliau juga berpesan, “Hendaknya engkau mendekatkan dirimu kepada-Nya dengan akalmu.” Maka bersyukurlah kita yang masih dikaruniai akal pikiran dan hati yang dipenuhi keimanan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَن يَتَّخِذُوا عِبَادِي مِن دُونِي أَوْلِيَاءَ ۚ إِنَّا أَعْتَدْنَا جَهَنَّمَ لِلْكَافِرِينَ نُزُلًا الكهف [102] Listen
Then do those who disbelieve think that they can take My servants instead of Me as allies? Indeed, We have prepared Hell for the disbelievers as a lodging. Al-Kahf ( The Cave ) [102] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi