Jumat, 26/07/2024 - 02:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Tato Permanen Tingkatkan Risiko Kanker Darah, Berpotensi Mematikan

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Tato permanen (ilustrasi). Sebuah penelitian terbaru menunjukkan tato dapat meningkatkan kemungkinan terkena limfoma ganas yaitu kanker darah yang berpotensi mematikan.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

JAKARTA — Popularitas tato telah meningkat selama beberapa dekade terakhir, di mana banyak anak muda Indonesia memiliki setidaknya satu tato permanen di tubuhnya. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan tato dapat meningkatkan kemungkinan terkena limfoma ganas yaitu kanker darah yang berpotensi mematikan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Dipublikasikan dalam jurnal Clinical Medicine, para peneliti Swedia menemukan orang yang memiliki tato memiliki risiko 21 persen lebih tinggi untuk didiagnosis dengan limfoma dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki tato. Hubungannya sangat kuat untuk dua subtipe limfoma yang paling umum yaitu limfoma sel B besar yang menyebar dan limfoma folikuler.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

“Kami belum tahu mengapa hal ini terjadi. Kami hanya bisa berspekulasi bahwa tato, berapapun ukurannya, memicu peradangan ringan di dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat memicu kanker. Dengan demikian, gambarannya lebih kompleks daripada yang kami duga sebelumnya,” kata pemimpin studi Christel Nielsen, seorang peneliti di Lund University, seperti dilansir Study Finds, Selasa (11/6/2024).

Berita Lainnya:
Manfaat Menakjubkan di Balik Makanan Kaya Antiokisdan
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Studi ini juga menemukan bahwa orang-orang yang mendapatkan tato pertama mereka kurang dari dua tahun sebelum diagnosis limfoma, memiliki risiko kanker darah 81 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak bertato. Lalu mereka yang mendapatkan tato pertama 11 tahun atau lebih sebelum didiagnosis juga memiliki risiko limfoma 19 persen lebih tinggi.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Menjalani penghapusan tato dengan laser tampaknya secara substansial meningkatkan risiko limfoma hampir tiga kali lipat, meskipun hal ini didasarkan pada jumlah yang kecil,” kata Nielsen.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Lantas mengapa tato berbahaya bagi tubuh? Para peneliti menunjukkan fakta bahwa banyak tinta tato mengandung bahan kimia karsinogenik seperti hidrokarbon aromatik polisiklik, amina aromatik, dan logam. Selama proses pembuatan tato, senyawa-senyawa ini disuntikkan ke dalam kulit dan sel-sel sistem kekebalan tubuh membawanya ke kelenjar getah bening-tempat timbulnya limfoma.

Berita Lainnya:
Ibu Hamil Bayi Kembar Disarankan Lebih Sering ke Dokter Dibandingkan yang Hamil Tunggal
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Nielsen mengatakan nanopartikel ini dapat bertahan dan terakumulasi dalam jangka panjang di kelenjar getah bening, yang berpotensi mendorong perkembangan kanker melalui kerusakan DNA dan peradangan kronis selama bertahun-tahun. “Kita sudah tahu bahwa ketika tinta tato disuntikkan ke dalam kulit, tubuh menafsirkannya sebagai sesuatu yang asing yang seharusnya tidak ada di sana dan sistem kekebalan tubuh pun diaktifkan. Sebagian besar tinta diangkut menjauh dari kulit, ke kelenjar getah bening di mana ia disimpan,” kata dia

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

إِلَّا أَن يَشَاءَ اللَّهُ ۚ وَاذْكُر رَّبَّكَ إِذَا نَسِيتَ وَقُلْ عَسَىٰ أَن يَهْدِيَنِ رَبِّي لِأَقْرَبَ مِنْ هَٰذَا رَشَدًا الكهف [24] Listen
Except [when adding], "If Allah wills." And remember your Lord when you forget [it] and say, "Perhaps my Lord will guide me to what is nearer than this to right conduct." Al-Kahf ( The Cave ) [24] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi