Jumat, 19/07/2024 - 16:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

BMKG: Waspada Suhu Panas Sepekan ke Depan

Petugas BMKG memberikan penjelasan pada layar yang menampilkan citra satelit cuaca mengenai suhu panas Indonesia di Kantor BMKG, Jakarta, Senin (6/5/2024).

 JAKARTA – Masyarakat Indonesia diimbau untuk mewaspadai suhu panas yang akan terjadi selama satu pekan mendatang. Menurut prakiraan BMKG, dalam sepekan ke depan, hampir seluruh wilayah di Indonesia akan dilanda suhu panas maksimum harian hingga mencapai 36 derajat celsius.

Tim Pusat Meteorologi Publik BMKG Miming di Jakarta, Selasa (11/6/2024), mengatakan bahwa dalam dua hari terakhir kondisi suhu panas maksimum tersebut sudah mulai melanda sejumlah wilayah mulai dari Sumatra Utara, Aceh, Jawa Timur, dan Bali. Berdasarkan hasil analisa tim ahli meteorologi BMKG pada Selasa (11/6) siang, suhu terpanas di wilayah Aceh setinggi 36,6 derajat celcius dan Sumatera Utara 35,9 derajat celcius.

Berita Lainnya:
Kawasan IKN Dilanda Banjir, Rendam Ratusan Rumah dari Empat Desa di Sepaku

Tim meteorologi di saat yang sama juga menganalisa suhu panas maksimum setinggi 34,8-34,0 derajat celcius melanda sebagian besar wilayah di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Banten, Sumatera Selatan, Jawa Timur dan Bali. “Ya, kondisi ini masih perlu kita waspadai dalam sepekan ke depan yang mana siang hari jadi titik suhu terpanas,” kata dia.

Tim meteorologi BMKG mengonfirmasi secara umum suhu panas maksimum pada siang hari tersebut disebabkan karena gerak semu matahari dengan jarak terdekat di equator. Fenomena ini sekaligus menandakan musim kemarau mulai melanda Indonesia yang sebagaimana diprakirakan sebelumnya akan berlangsung Juni-September 2024.

Berita Lainnya:
Terjebak di Luar Angkasa, Astronaut NASA Berjuang Kembali ke Bumi

Demi mengurangi dampak suhu panas, BMKG mengimbau masyarakat untuk mengonsumsi air mineral secara cukup dan teratur supaya terhindar dari dehidrasi, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Langkah selanjutnya adalah menggunakan pelindung, seperti topi atau payung untuk melindungi kepala dan tubuh bagian atas, kacamata hitam melindungi mata, dan tabir surya untuk melindungi diri kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV).

BMKG memastikan masyarakat mendapatkan informasi yang aktual setiap harinya terkait hasil analisa suhu panas dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَلَوْلَا إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَاءَ اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ ۚ إِن تَرَنِ أَنَا أَقَلَّ مِنكَ مَالًا وَوَلَدًا الكهف [39] Listen
And why did you, when you entered your garden, not say, 'What Allah willed [has occurred]; there is no power except in Allah '? Although you see me less than you in wealth and children, Al-Kahf ( The Cave ) [39] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi