Jumat, 12/07/2024 - 23:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

SPORT

Indonesia Satu-satunya Wakil Asia Tenggara di Babak III Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia

 JAKARTA — Sebanyak 18 negara Asia sudah memastikan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Indonesia termasuk salah satunya. Kemenangan 2-0 timnas Indonesia atas Filipina pada laga pamungkas Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam, mengantarkan Indonesia bersaing dengan 17 negara lain merajut asa untuk bermain di Piala Dunia 2026.

Hanya juara dan runner-up grup di babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berhak lolos ke babak ketiga. Dari Grup A diwakili Qatar dan Kuwait, Grup B Jepang dan Korea Utara, Grup C Korea Selatan dan China. Sementara Grup D diwakili Oman dan Kirgistan, Grup E Iran dan Uzbekistan, Grup F Irak dan Indonesia), Grup G Yordania dan Arab Saudi, Grup H Uni Emirat Arab dan Bahrain), serta Grup I Australia dan Palestina.

Indonesia menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara yang lolos babak ketiga sekaligus otomatis lolos Piala Asia 2027 di Arab Saudi. Raksasa kawasan ASEAN Thailand gagal lolos karena kalah head to head dari China di Grup C. Sedangkan Malaysia walau mengoleksi nilai 10 hanya di posisi ketiga terpaut satu poin di bawah Kirgistan.

Pada babak ketiga nanti, 18 negara tersebut akan dibagi dalam tiga grup. Hanya juara grup dan runner-up grup yang lolos langsung ke Piala Dunia 2026 yang akan digelar di Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada.

Pembagian grup untuk babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia baru akan dilakukan pada 27 Juni mendatang di Kuala Lumpur Malaysia. Akan ada enam pot atau unggulan saat undian nanti. Setiap negara termasuk Indonesia nantinya akan melakoni sepuluh pertandingan, lima laga home dan lima laga away.

Berdasarkan kalender AFC bahwa untuk kualifikasi Piala Dunia 2026, putaran ketiga akan dimulai pada 5 dan 10 September 2024, kemudian berlanjut 10 dan 15 Oktober 2024, pertandingan selanjutnya pada 14 dan 19 November 2024.

Empat pertandingan berikutnya pertandingan akan digelar pada tahun 2025, tepatnya pada 20 dan 25 Maret 2025 serta pada tanggal 5 dan 10 Juni 2025. Setelah melakoni laga-laga tersebut enam tim juara dan runner-up tiga grup lolos langsung ke Piala Dunia 2026.

Sedangkan peringkat ketiga dan keempat grup nantinya akan diadu pada babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Enam tim akan dibagi dua grup, lokasi pertandingan di satu tempat hanya sekali bertemu. Juara grup babak keempat ini akan lolos langsung. Sehingga total sudah delapan yang lolos mewakili Asia.

Asia berpeluang menambah satu wakilnya menjadi sembilan negara melalui babak Playoff dengan konfederasi benua lainnya. Peserta playoff Asia ini diambil dari pemenang pertandingan peringkat kedua babak keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Semoga Indonesia mampu mewujudkan impian lolos ke Piala Dunia 2026 dari berbagai sekenario di atas untuk berlaga di Piala Dunia 2026 yang akan digelar di AS, Kanada, dan Meksiko.

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

مَّا لَهُم بِهِ مِنْ عِلْمٍ وَلَا لِآبَائِهِمْ ۚ كَبُرَتْ كَلِمَةً تَخْرُجُ مِنْ أَفْوَاهِهِمْ ۚ إِن يَقُولُونَ إِلَّا كَذِبًا الكهف [5] Listen
They have no knowledge of it, nor had their fathers. Grave is the word that comes out of their mouths; they speak not except a lie. Al-Kahf ( The Cave ) [5] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi