Senin, 22/07/2024 - 06:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kembangkan Kombucha Teh Bunga Telang, Dosen UMJ Raih Gelar Doktor dengan Nilai Sempurna

 JAKARTA — Dosen Program Studi Sarjana Gizi Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) Rosyanne Kushargina meraih gelar doktor dengan nilai IPK sempurna genap 4,00 di Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB), Rabu (12/6/2024).

Rosyanne Kushargina berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Pengembangan Kombucha dari Bunga Telang (Clitoria ternatea L.) dan Potensinya untuk Memperbaiki Kondisi Dislipidemia, dalam Sidang Promosi Doktor di Ruang 202 Gedung Sekolah Pascasarjana IPB, setelah melewati masa studi 34 bulan.

Rosyanne melakukan intervensi pada total sebanyak 22 orang responden selama kurang lebih 29 hari. Para responden dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok konsumsi teh bunga telang dan kelompok konsumsi kombucha teh bunga telang.

Penemuan Rosyanne menunjukkan adanya manfaat kombucha bunga telang dapat mencegah komplikasi dan risiko penyakit jantung akibat dislipidemia. Rosyanne mengungkapan rasa terima kasih pada UMJ atas dukungan yang telah diberikan sehingga dapat menyelesaikan studi doktor tepat waktu.

Berita Lainnya:
DKI Diperkirakan Hujan Ringan Hingga Petir pada Ahad Siang

“Semoga penelitian ini bisa dilanjutkan karena sangat memungkinkan untuk pengembangan keilmuan dan insya Allah bisa bermanfaat bagi dosen dan masyarakat secara luas,” katanya.

Diketahui hasil penelitian kombucha teh bunga telang miliknya telah terbit di 6 jurnal dan sedang dalam proses pengajuan paten. Pencapaian ini diapresiasi oleh Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si. yang turut hadir.

Ma’mun mengaku bangga atas pencapaian Rosyanne karena mendapatkan nilai sempurna. Menurutnya, hasil penelitian Rosyanne juga bagus karena berhasil terbit di beberapa jurnal bereputasi baik nasional dan internasional.

“Rosyanne adalah doktor ke-240 yang dimiliki UMJ. Ini sangat positif akan menambah juga jumlah doktor di UMJ. Insya Allah akan disusul oleh dosen-dosen yang sedang on going program doktor,” ungkap Ma’mun.

Ungkapan serupa juga datang dari Dekan FKK UMJ Dr. dr. Tri Ariguntar Wikaningtyas, Sp.PD. yang turut hadir. Ia mengatakan, dengan bertambahnya dosen bergelar doktor di FKK UMJ berarti menambah kualitas dosen dan institusi.

Berita Lainnya:
FX Rudy Enggan Berkomentar Soal Gusti Bhre Masuk Bursa Pilkada Solo

“Ini juga berdampak pada peningkatan kualitas mahasiswa. Harapannya Bu Oci dapat mengembangkan seluruh potensi, menerapkan keilmuannya untuk kemajuan FKK dan UMJ,” pungkasnya.

Sidang Promosi Doktor Rosyanne Kushargina, S.Gz., M.Si., diuji oleh enam penguji yaitu Dekan Fakultas Ekologi Manusia IPB Dr. Sofyan Sjaf, S.Pt., M.Si. selaku Pimpinan Sidang, Prof. Dr. Rimbawan., Dr. dr. Mira Dewi, M.Si., Prof. Dr. Ir Evy Damayanthi, serta penguji luar yaitu Prof. Dr. Tria Astika E. P., S.KM., MKM., dan Prof. Dr. Katrim Roosita, S.P., M.Si.

Turut hadir Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., Dekan FKK UMJ Dr. dr. Tri Ariguntar Wikaningtyas, Sp.PD., Ketua Prodi Ilmu Gizi Dr. Sugiatmi, SP., MKM., dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan FKK UMJ, serta keluarga dan kerabat.

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَتِلْكَ الْقُرَىٰ أَهْلَكْنَاهُمْ لَمَّا ظَلَمُوا وَجَعَلْنَا لِمَهْلِكِهِم مَّوْعِدًا الكهف [59] Listen
And those cities - We destroyed them when they wronged, and We made for their destruction an appointed time. Al-Kahf ( The Cave ) [59] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi