Selasa, 23/07/2024 - 19:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Natrium ‘Musuh’ Tersembunyi Eksim, Jaga Kulit Sehat dengan Pola Makan Seimbang

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Sebuah studi baru dari para peneliti di University of California San Francisco (UCSF) menemukan konsumsi makanan dengan kadar natrium tinggi bisa meningkatkan risiko pengembangan dermatitis atopic (DA) atau eksim. Eksim adalah sebuah kondisi peradangan kulit, yang memiliki gejala berupa ruam, kulit kering dan bersisik atau pecah-pecah, gatal, serta kulit yang berubah warna dan lecet. Kondisi ini disebabkan oleh pemicu tertentu yang berbeda pada setiap orang.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Menurut temuan ini, individu dengan peningkatan 1 gram dalam ekskresi natrium urine selama 24 jam, 11 persen lebih mungkin terkena eksim. Lalu 16 persen lebih mungkin mengalami kekambuhan gejala eksim yang sudah ada, serta 11 persen lebih mungkin untuk meningkatkan keparahan eksim.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Dermatitis atopik mencakup spektrum proses inflamasi dan dipicu oleh berbagai faktor lingkungan. Studi ini adalah langkah pertama di mana kami dapat menunjukkan hubungan antara garam makanan dan eksim pada populasi besar,” kata Katrina Abuabara, profesor dermatologi di UCSF dan penulis studi, seperti dilansir Medical News Today, Rabu (12/6/2024).

Berita Lainnya:
BPOM Edukasi Masyarakat Bahaya Konsumsi GGL Berlebihan
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Penelitian ini merupakan investigasi cross-sectional terhadap data 215.832 partisipan di BioBank Inggris yang berusia 37 hingga 73 tahun. Kelompok ini mencakup 10.839 orang yang menderita eksim, sedangkan sisanya tidak.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Urinalisis peserta menetapkan bahwa rata-rata perkiraan sekresi natrium urin 24 jam adalah 3,01 gram, yang mewakili sekitar 90 persen dari asupan natrium makanan hari sebelumnya. Para peneliti mengamati bahwa untuk setiap 1 gram natrium di atas rata-rata tersebut, risiko dermatitis atopik meningkat.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Diduga natrium disimpan di kulit untuk mencegah kehilangan air, dan dapat membantu mencegah infeksi. Namun, natrium juga dapat mengaktifkan sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh, memicu beberapa jalur inflamasi dan menghilangkan ‘rem’ dari yang lain,” ujar Abuabara.

Berita Lainnya:
Buah Hala, Tanaman Pesisir yang Kerap 'Tersingkir' Padahal Kaya Manfaat
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Michelle Routhenstein, seorang ahli diet preventive cardiology di Entirely Nourished, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mencatat adanya keterbatasan dari temuan ini. Dia mengatakan penelitian ini hanya melibatkan satu sampel urine per peserta, yang digunakan untuk memperkirakan ekskresi natrium urin selama 24 jam. Perkiraan ekskresi natrium selama 24 jam ini kemudian digunakan untuk mengukur asupan natrium dari makanan yang dikonsumsi oleh partisipan.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“Tanpa lebih banyak sampel yang dikumpulkan dalam jangka waktu yang lebih lama, kemampuan penelitian untuk menilai asupan natrium jangka panjang secara akurat menjadi terbatas,” kata Routhenstein.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Natrium sendiri merupakan jenis mineral yang mudah ditemukan pada berbagai makanan, terutama garam. Makanan kalengan dan hidangan instan sering kali mengandung tingkat natrium tinggi sebagai dari bahan pengawet.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُم بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ ۖ وَلَا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ تُرِيدُ زِينَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَن ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا الكهف [28] Listen
And keep yourself patient [by being] with those who call upon their Lord in the morning and the evening, seeking His countenance. And let not your eyes pass beyond them, desiring adornments of the worldly life, and do not obey one whose heart We have made heedless of Our remembrance and who follows his desire and whose affair is ever [in] neglect. Al-Kahf ( The Cave ) [28] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi