Selasa, 23/07/2024 - 19:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Harga Pangan Jelang Idul Adha, Beras hingga Cabai Terpantau Naik

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Jelang hari raya Idul Adha terjadi sejumlah perubahan harga sejumlah komoditas pangan. Hal ini tergambar dalam panel harga pangan pada Rabu (12/6/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Berdasarkan data milik Badan Pangan Nasional (Bapanas) tersebut, sejumlah komoditas pangan yang mengalami kenaikan ialah beras premium yang naik Rp 30 menjadi Rp 15.460 per kg, cabai merah keriting yang naik Rp 1.550 menjadi Rp 54.410 per kg, cabai rawit merah naik Rp 430 menjadi Rp 50.540 per kg, daging sapi murni naik Rp 280 menjadi Rp 135.970 per kg, gula konsumsi yang naik Rp 20 menjadi Rp 18.230 per kg, hingga tepung terigu kemasan noncurah yang naik Rp 90 menjadi Rp 13.500 per liter.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Sedangkan komoditas pangan yang turun ialah beras medium sebesar Rp 13.370 per kg dari sebelumnya yang sebesar Rp 13.350 per kg, bawang merah yang turun Rp 310 menjadi Rp 42.640 per kg, daging ayam ras yang turun Rp 90 menjadi Rp 29.720 per kg, minyak goreng kemasan sederhana turun Rp 90 menjadi Rp 17.870 per liter, minyak goreng curah turun Rp 110 menjadi Rp 15.750, tepung terigu turun Rp 10 menjadi Rp 10.330 per kg.

Berita Lainnya:
Buntut Pegi Menang Praperadilan, Kubu Saka Tatal Ajukan PK, Ancam Bongkar Rekayasa Iptu Rudiana di Kasus Vina
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas I Gusti Ketut Astawa memastikan kondisi ketersediaan pangan jelang Idul Adha masih terpantau aman. Ketut memproyeksikan harga pangan yang stabil disebabkan penurunan permintaan pasar yang bertepatan dengan tahun ajaran baru anak sekolah.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

“Sebagaimana laporan dari para mitra pelaku usaha pangan, kondisi ketersediaan pangan pokok strategis jelang Idul Adha bisa kita dipastikan aman dan harga pangan relatif stabil. Tapi kita juga minta agar semua pihak agar secara bersama-sama terus menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan,” ujar Ketut saat rapat koordinasi menyambut hari raya Idul Adha pada Selasa (12/6/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Bapanas Maino Dwi Hartono mengatakan stok dan harga komoditas seperti jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, daging ayam, telur ayam, gula, dan minyak goreng masih relatif stabil. Harga pangan di produsen dan pedagang relatif seimbang sehingga masyarakat bisa mendapatkan pangan dengan harga yang wajar.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

“Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk menjaga harga yang wajar di tingkat produsen, pedagang, dan konsumen antara lain dengan menyesuaikan harga di hulu dan hilir,” ucap Maino.

Berita Lainnya:
Tepati Janji, Hacker Brain Cipher Kirim "Kunci" Enkripsi Ransomware PDN
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Khusus untuk komoditas beras dan bawang putih, Maino menjamin ketersediaan stok, meskipun harganya diperkirakan masih tinggi. Maino mengatakan beras yang sudah melewati musim panen sebarannya belum merata di masyarakat, sementara bawang putih stoknya masih terbatas karena adanya keterlambatan importasi.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

“Dari izin impor bawang putih yang telah diberikan, realisasinya memang masih rendah sekitar 50 persen. Selain itu, harga di luar masih cukup tinggi dan kualitasnya tidak cukup baik. Kita harap kondisi ini bisa cepat membaik sehingga harga bisa segera normal dan pasokan bisa mencukupi kebutuhan nasional,” kata Maino.

Satgas Pangan Polri yang diwakili Kombes Hermawan mengatakan telah berkoordinasi dengan seluruh jajaran kepolisian di seluruh daerah untuk memastikan stabilitas pasokan dan harga pangan pada momentum Idul Adha. Satgas Pangan akan memastikan tidak ada permainan harga yang dilakukan oleh para spekulan untuk meraup keuntungan berlebih.

“Upaya preventif dan represif yang kami lakukan untuk memastikan kualitas dan distribusi pangan sesuai dengan ketentuan yang ada. Modus-modus penyelewengan telah kita polakan untuk mengantisipasi kondisi yang tidak diinginkan sehingga kita semua sama-sama nyaman dalam menyambut hari raya,” kata Hermawan. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

ثُمَّ أَتْبَعَ سَبَبًا الكهف [89] Listen
Then he followed a way Al-Kahf ( The Cave ) [89] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi