Jumat, 26/07/2024 - 03:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Teliti Keterampilan Bahasa Inggris Mahasiswa, Dosen FAI UMJ Raih Gelar Doktor Lingustik

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Anis Setiyanti, Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ), meraih gelar Doktor Linguistik Terapan di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kamis (13/6/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Ia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris dengan Metode Resitasi Melalui Mobile Assisted Language Learning (MALL)”, dalam Sidang Promosi Doktor di Lantai 5 Gedung Bung Hatta, Pascasarjana UNJ.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Kepala Bagian Career Center Alumni dan Tracer Study UMJ itu melakukan penelitian terhadap 24 mahasiswa semester empat tahun ajaran 2019/2020 Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMJ. Mahasiswa ini diteliti menggunakan aplikasi Dualingo, Talk, dan Hello secara bertahap dari prasiklus, siklus satu, siklus dua, hingga siklus tiga.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Penemuannya menunjukkan ada peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan metode resitasi melalui MALL pada mahasiswa tersebut, terkait pelafalan, kosakata, tata bahasa, kelancaran, dan pemahaman.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Hasil presentase rata-rata nilai diketahui pada tahapan prasiklus, awalnya hanya sebesar 44,2 persen. Kemudian, siklus satu menjadi 55,6 persen dan siklus dua meningkat di angka 68,8 persen. Terakhir, dalam siklus tiga mencapai hingga 81 persen.

Berita Lainnya:
Dosen FT UMJ Raih Gelar Guru Besar Bidang Ilmu Arsitektur
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Anis mengutarakan rasa syukurnya usai mencapai gelar doktor dengan proses yang penuh perjuangan. Ia berharap, disertasinya mendapatkan apresiasi untuk dibaca kalangan akademisi.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Alhamdulillah, saya menerima predikat sangat memuaskan dari dewan penguji. Semoga ilmu ini bisa bermanfaat secara pribadi maupun untuk dunia pendidikan, khususnya bagi UMJ sebagai tempat saya bernaung selama ini,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Candra, SH., MH., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas gelar doktor yang diraih Anis. Menurutnya, perjuangan dan jerih payah yang telah dilakukan merupakan bagian dari ikhtiar untuk mencapai gelar doktor yang kompeten dan layak diemban.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

“Tentu saja dengan bertambahnya doktor di UMJ, khususnya di FAI, mudah-mudahan menjadi spirit dan tenaga baru untuk terus meningkatkan kualitas dan keunggulan UMJ karena alhamdulillah saat ini, UMJ sudah meraih akreditasi Unggul,” kata Septa.

Berita Lainnya:
Dosen Universitas BSI Kampus Pontianak-PT Borneo Latih Koperasi Hadapi Serangan Siber

Selaras dengan Septa, Dekan FAI UMJ Dr. Sopa, M.Ag. menuturkan bahwa Anis adalah doktor kedua yang diraih FAI dalam kurun waktu seminggu, setelah Adlan Fauzi Lubis pada Selasa (11/06/2024) lalu di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah.

“Hari ini, Anis mendapatkan gelar doktor di bidang linguistik terapan pada pembelajaran Bahasa Inggris. Semoga dengan bertambahnya doktor di UMJ akan bisa meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran di FAI sehingga para alumni mampu berkompeten di bidangnya dan berkiprah dengan baik di masyarakat, “jelas Sopa.

Anis merupakan doktor ke-241 yang dimiliki UMJ. Sidang Promosi Doktor ini digelar secara daring dan luring yang turut dihadiri Wakil Rektor III UMJ Dr. Rini Fatma Kartika, S.Ag., MH., bersama jajaran pimpinan dan sivitas akademika FAI UMJ, serta kerabat dan keluarga.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

قَالَ ذَٰلِكَ مَا كُنَّا نَبْغِ ۚ فَارْتَدَّا عَلَىٰ آثَارِهِمَا قَصَصًا الكهف [64] Listen
[Moses] said, "That is what we were seeking." So they returned, following their footprints. Al-Kahf ( The Cave ) [64] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi