Selasa, 23/07/2024 - 19:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Di Tengah Penarikan Dana Muhammadiyah, Dirut BSI Klaim Likuiditas Tetap Solid

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

SVP Corporate Secretary & Communication BSI Wisnu Sunandar, Direktur Compliance Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi, Direktur Utama BSI Hery Gunardi dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (dari kiri) berbincang saat konferensi pers BSI International Expo di Jakarta, Jumat (14/6/2024). PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) akan menggelar BSI International Expo 2024 yang akan diikuti lebih dari 270 tenant para pelaku usaha halal dalam dan luar negeri, serta potential buyer dari 20 negara. Hal ini sebagai wujud komitmen BSI untuk memperkuat ekosistem halal nasional dan menjadikan Indonesia tuan rumah ekonomi syariah di negeri sendiri.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

 JAKARTA — PT Bank Syariah Indonesia Tbk. menegaskan bahwa likuiditas BSI cukup atau lebih dari cukup di tengah isu penarikan dana Muhammadiyah. Direktur Utama BSI, Hery Gunardi menyatakan, likuiditas atau kemampuan untuk memenuhi seluruh kewajiban yang harus dipenuhi segera dalam waktu yang singkat, masih memadai.

Berita Lainnya:
BSI Masuk 5 Besar BUMN dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Likuiditas kita ample ya, cukup solid, solid,” kata dia usai konferensi pers BSI International Expo di Jakarta, Jumat (14/6/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Menurut OJK, sebuah perusahaan dikatakan likuid apabila mempunyai alat pembayaran berupa harta lancar yang lebih besar dibandingkan dengan seluruh kewajibannya (liquidity). Di tengah isu yang beredar, BSI menyatakan tidak ada masalah dalam memenuhi setiap kewajibannya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Menurut laporan keuangan kuartal I 2024, BSI mencatat financing to deposit ratio (FDR) sebesar 83,05 persen. Dana pihak ketiga (DPK) mencapai Rp 297 triliun yang didominasi oleh dana murah dan pembiayaan mencapai Rp 247 triliun.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Sebelumnya, PP Muhammadiyah menyebut alasan pemindahan dana adalah pemerataan asetnya di perbankan syariah. Ketua PP Muhammadiyah Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Industri Halal Anwar Abbas mengatakan bahwa porsi penempatan dana Muhammadiyah terlalu terkonsentrasi di BSI.

Berita Lainnya:
Rahasia Ferrari, dari Garasi Kecil Menuju Puncak Kemewahan
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Penempatan dana di bank-bank syariah lain, disebutnya masih sedikit. Hal itu secara bisnis dapat menimbulkan risiko konsentrasi (concentration risk).

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“Sehingga bank-bank syariah lain tersebut tidak bisa berkompetisi dengan margin yang ditawarkan oleh BSI, baik dalam hal yang berhubungan dengan penempatan dana maupun pembiayaan. Bila hal ini terus berlangsung, maka tentu persaingan di antara perbankan syariah yang ada tidak akan sehat dan itu tentu jelas tidak kita inginkan,” kata Anwar dalam keterangan tertulis kepada awak media di Jakarta, pekan lalu.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Hingga saat ini, masih simpang siur jumlah dana yang akan dipindahkan oleh salah satu organisasi masyarakat keagamaan terbesar di Indonesia. Muhammadiyah dengan beragam asetnya juga diketahui tidak hanya menyimpan dana di perbankan syariah. 

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

قَالَ لَا تُؤَاخِذْنِي بِمَا نَسِيتُ وَلَا تُرْهِقْنِي مِنْ أَمْرِي عُسْرًا الكهف [73] Listen
[Moses] said, "Do not blame me for what I forgot and do not cover me in my matter with difficulty." Al-Kahf ( The Cave ) [73] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi