Jumat, 26/07/2024 - 01:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Jaga Lingkungan, Panitia Kurban Diminta Terapkan ‘Eco Qurban’

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta memberikan imbauan kepada seluruh panitia kurban dan masyarakat agar menerapkan prinsip ramah lingkungan atau ‘eco qurban’ pada momen Idul Adha 1445 Hijriyah. Ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan masyarakat untuk menerapkan kurban ramah lingkungan.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Imbauan terkait ‘eco qurban’ telah tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pemotongan Hewan Kurban. Kepala DLH Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto menjelaskan, prinsip ‘eco qurban’ dapat diwujudkan dengan pelaksanaan kurban tanpa mencemari dan mengotori lingkungan sekitar. Penerapan ramah lingkungan harus dilakukan dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban maupun setelahnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Jangan sampai membiarkan limbah hewan kurban, seperti darah dan isi perut, tanpa ditangani hingga berceceran, lalu membuangnya ke got, selokan, dan kali,” kata Asep melalui keterangannya, Jumat (14/6/2024).

Berita Lainnya:
Pemerintah Susun Langkah Atasi Polusi Udara
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Ia menjelaskan, limbah hewan kurban yang tidak ditangani dengan baik akan membuat lingkungan tidak nyaman karena bau. Bahkan, limbah itu juga berisiko membahayakan kesehatan masyarakat sekitar. Tak hanya itu, pembuangan limbah potongan hewan kurban ke saluran air bisa merusak ekosistem. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

“Sederhananya, ikan di badan air bisa mati, jika limbah isi perut hewan kurban dibuang ke sana,” ujar Asep.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Karena itu, DLH Provinsi DKI Jakarta meminta warga Jakarta dapat menangani limbah hewan kurban dengan cara menguburnya di dalam lubang tanah, minimal 1 meter kubik untuk sapi berukuran 400-600 kilogram dan minimal 0,3 meter kubik untuk kambing yang berukuran 25-35 kilogram. Selain itu, limbah hewan kurban juga bisa diolah kembali dalam bentuk pengomposan dengan komposter, biokonversi maggot Black Soldier Fly, hingga dikirim ke tempat pengolahan agar ditangani dengan tepat.

Berita Lainnya:
Joe Biden Gelontorkan Dana Hibah Atasi Perubahan Iklim
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Asep mengatakan, DLH Provinsi DKI Jakarta juga terus gencar mengampanyekan agar pembagian daging kurban tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai. Menurut dia, masyarakat bisa menggunakan wadah daging kurban yang ramah lingkungan dan aman terhadap kesehatan. 

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“Masyarakat bisa menggunakan besek bambu, daun pisang, daun jati, dan lain-lain yang berasal dari bahan alami ataupun wadah guna ulang yang masih layak dan higenis,” kata Asep.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

DLH Provinsi DKI Jakarta juga menyelenggarakan lomba kampanye media sosial ‘eco qurban’ yang bertajuk ‘Kurban Berkah Bebas Sampah’ bekerja sama dengan Tunas Muda Care (TCare). Lomba itu mengajak seluruh warganet di Jakarta untuk membuat konten video reels Instagram tentang pelaksanaan kurban yang ramah lingkungan.

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

فَعَسَىٰ رَبِّي أَن يُؤْتِيَنِ خَيْرًا مِّن جَنَّتِكَ وَيُرْسِلَ عَلَيْهَا حُسْبَانًا مِّنَ السَّمَاءِ فَتُصْبِحَ صَعِيدًا زَلَقًا الكهف [40] Listen
It may be that my Lord will give me [something] better than your garden and will send upon it a calamity from the sky, and it will become a smooth, dusty ground, Al-Kahf ( The Cave ) [40] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi