Minggu, 21/07/2024 - 21:26 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Jeroan Bebas Bau Ala Devina Hermawan

Jeroan sapi perlu diolah dengan trik khusus agar tidak berbau.

 JAKARTA — Dalam perayaan Idul Adha masyarakat biasa mengolah daging untuk hidangan yang berkuah santan. Seperti tongseng, rendang, semur, malbi daging khas Palembang atau satai.

Koki selebritas Devina Hermawan memberikan salah satu rekomendasi hidangan lain selain kuah santan yang juga bisa disajikan sebagai kreasi hidangan saat Idul Adha dari bahan jeroan.

“Kadang di Idul Adha suka dapat jeroan, itu jadi hidangan yang tidak terlalu sering dimasak di rumah tapi kalau ada bagi yang suka itu jadi spesial,” katanya saat ditemui media dalam konferensi pers Kitchenette Kitchen Takeover, Jumat (14/6/2024).

Berita Lainnya:
"Ini Orang Ngaco" Ketua MUI Kritik Keras Mama Ghufron yang Klaim Video Call Malaikat Maut

Untuk hidangan menggunakan jeroan sapi, Devina merekomendasikan untuk mengkreasikannya menjadi sambal paru. Dalam membuat sambal paru, bagian paru harus dipersiapkan dengan baik agar tidak bau saat dimasak.

Prosesnya potong kecil-kecil paru mentah dan cuci serta bilas paru dengan air mengalir untuk mengurangi darahnya. Proses ini bisa diulang tiga hingga empat kali sampai air bilasan menjadi bening.

Setelah itu, marinasi paru dengan garam dan tepung tapioka untuk mengurangi bau paru. Marinasi paru selama 30 menit hingga satu jam.

“Garam untuk dia meresap ke paru, dan tapioka akan mengurangi bau paru,” katanya.

Berita Lainnya:
Gaya Rambut Baru William dan Bentley Hammington Jadi Sorotan, Ini Tanggapan Sang Ibu

Setelah itu, cuci kembali paru yang telah termarinasi dengan garam dan tepung tapioka di air mengalir. Lakukan sampai tepung menghilang.

Jika sudah bersih, potongan paru bisa direbus dengan potongan jahe sampai empuk, atau kira-kira 30-35 menit. Jangan lupa untuk membuang air rebusan paru, proses ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bau paru dan membuat paru semakin empuk.

Setelah itu olah paru sapi untuk dijadikan sambal paru yang nikmat.

Berikut resep sambal paru yang dikutip dari kanal YouTube Devina Hermawan untuk inspirasi hidangan Idul Adha.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا الكهف [107] Listen
Indeed, those who have believed and done righteous deeds - they will have the Gardens of Paradise as a lodging, Al-Kahf ( The Cave ) [107] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi