Jumat, 26/07/2024 - 01:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kritik IKN, Dradjad: Pak Mahfud MD Tidak Fair

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Dradjad Wibowo, menyebut mantan Menko Polhukam, Mahfud MD dan sejumlah anggota DPR bersikap tidak fair. Pembangunan ibu kota baru sangatlah kompleks.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Hal ini disampaikan Dradjad menanggapi kritik yang dilakukan Mahfud MD dan sejumlah anggota DPR atas Ibu Kota Negara (IKN) . “Yang dilakukan pak Mahfud dan beberapa teman di DPR itu tidak fair. Pak Mahfud kan Menko Polhukam ketika UU IKN disahkan. Teman-teman DPR juga yang menyetujui UU IKN,” kata Dradjad, Jumat (14/6/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Pada saat menyetujui UU, kata Dradjad, semestinya sudah ada gambaran, pada tahap apa investor asing akan masuk. “Karena sekarang IKN baru tahap pembangunan infrastruktur paling dasar, mana mungkin investor asing masuk? Jika investor domestik dan asing masih wait and see, itu sangat wajar,” ungkapnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Polres Semarang Bekuk Pelaku Pengeroyokan di Stadion Citarum yang Videonya Viral

Hal yang harus diingat, membangun kota baru sangat lah kompleks dan bisa roller coaster. Misalnya, Iskandar di Johor, Malaysia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Memindahkan ibu kota, menurutnya, jauh lebih kompleks lagi. Canberra dan Putra Jaya contohnya. Padahal, keduanya relatif dekat dengan pusat bisnis keuangan. Canberra dekat Sydney dan Melbourne. Putra Jaya dekat Kuala Lumpur. 

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Membangun kota baru dan sekaligus memindahkan ibu kota, kata Dradjad, kompleksitasnya bertumpuk-tumpuk. “Makin rumit lagi, jika ibu kita baru letaknya jauh dari ibu kota lama. Contohnyq Astana di Kazakhstan dan Naypyidaw di Myanmar. IKN masuk kategori yang paling rumit ini,” ungkap Ketua Dewan Pakar PAN ini. 

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Menurut Dradjad, pembangunan fisik ibu kota mahal. Tapi yang jauh lebih sulit adalah membuat IKN memiliki populasi, lalu lintas orang, dan aktifitas ekonomi memadai. Jangan sampai seperti Naypyidaw yang setelah sekitar 20 tahun baru dihuni 758 ribu orang. 

Berita Lainnya:
Kapolri Ganti Kadiv Propam dan Kaba Intelkam Polri
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“Kuncinya adalah dua. Pertama, pendapatan negara harus naik pesat. Bukan hanya untuk biaya pembangunan fisik. Lebih penting lagi, untuk membiayai insentif pajak dan nonpajak agar bisnis di IKN menjadi atraktif,” ungkap Dradjad yang juga ekonom senior INDEF ini.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Hal kedua, lanjutnya, IKN harus punya sektor andalan tersendiri. Seperti Singapura yang berangkat sebagai kota pelabuhan dan perdagangan, lalu berkembang ke keuangan, wisata, kesehatan dan seterusnya.

Selain sebagai kota pemerintahan, menurutnya, IKN perlu menjadi kota teknologi informasi, ekonomi hijau, ekonomi kreatif dan simpul (hub) wisata Kalimantan. Itu bisa membuat orang tertarik tinggal di IKN. Bisa membuat bisnis di IKN atraktif.

“IKN adalah perintah UU 3/2022 dan UU 21/2023. Jadi IKN harus diwujudkan, kecuali UU nya dibatalkan,” papar Dradjad.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَاتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِن كِتَابِ رَبِّكَ ۖ لَا مُبَدِّلَ لِكَلِمَاتِهِ وَلَن تَجِدَ مِن دُونِهِ مُلْتَحَدًا الكهف [27] Listen
And recite, [O Muhammad], what has been revealed to you of the Book of your Lord. There is no changer of His words, and never will you find in other than Him a refuge. Al-Kahf ( The Cave ) [27] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi