Selasa, 23/07/2024 - 17:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Unisba, PTIS Terbaik di Wilayah Jawa Barat dan Banten

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Perlahan namun pasti, Universitas Islam Bandung (Unisba) secara konsisten tetap mempertahankan nilai-nilai ke-Islaman sebagai penciri khas serta pedoman dan tujuan dari awal berdiri hingga saat ini menjadi Perguruan Tinggi Islam Swasta (PTIS) terkemuka dan berkualitas.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Terakreditasi Unggul dengan reputasi yang baik di bidang Tri Dharma perguruan tinggi dengan nilai-nilai ke-Islamannya mampu memposisikan Unisba sebagai PTIS terbaik di wilayah Jawa Barat dan Banten. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya posisi ke-64 nasional versi UniRank tahun 2024 dan posisi ke-125 di Indonesia versi EduRank tahun 2024 yang mengungguli PTIS lainnya yang ada di Jawa Barat dan Banten.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Keunggulan ini juga tercermin dari berbagai aspek yang diperoleh hingga saat ini yang terus menunjukkan peningkatan performa yang signifikan mulai dari kemegahan akademik, akreditasi, performa dosen, kualitas sumber daya manusia (SDM), Kerjasama, kurikulum hingga prestasi mahasiswa baik di tingkat nasional maupun internasional, serta peran alumni melalui semangat mujahid, mujtahid dan mujaddid (3M) dan berakhlakul karimah yang sudah tersebar luas di masyarakat dalam memberikan kontribusi nyata dalam kemaslahatan umat.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Menjadi rahmatan lil‘alamin dalam setiap aktivitas merupakan harapan para pendiri yang dapat membawa rahmat bagi masyarakat, negara dan dunia, terus dipupuk pada seluruh sivitas akademika Unisba sehingga membentuk karakter Islami dan membawa kebaikan bagi lingkungan khususnya dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, seiring dengan visi Unisba Menjadi Perguruan Tinggi Islam yang Mandiri, Maju, dan Terkemuka di Asia Pada Tahun 2033.

Berita Lainnya:
Mahasiswa UI Gagas Inovasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H., mengatakan bahwa nilai-nilai Islam secara konsisten masuk ke dalam setiap aspek kehidupan kampus yang sejalan dengan tradisi akademik yang merupakan tradisi Islam.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Ini sesuai dengan Q.S. Al Alaq di mana perintah pertama iqra, yang artinya baca atau belajar. Jadi bagaimana dalam mengimplementasikan nilai-nilai Islam yang secara formal diaplikasikan dalam kurikulum, seperti kita memiliki Pendidikan Agama Islam selama tujuh semester dan pesantren. Atau dalam aktivitas lainnya seperti diskusi, seminar dan kegiatan ilmiah lainnya yang merupakan perintah dari Al Quran untuk terus belajar,” ungkapnya.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Rektor menambahkan bahwa Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengajaran, peneliti dan pengabdian kepada masyarakat dilingkungan kampus yang merupakan tradisi Islam juga telah banyak diterapkan.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“Sehingga kenapa belajar itu tradisi akademik dan tradisi Qurani karena Allah SWT menjanjikan bahwa yang berilmu tinggi maka akan ditinggikan derajatnya, yang artinya klop dengan perintah belajar dalam Al Quran supaya orang berilmu dan supaya derajat kita semakin tinggi,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Menurutnya, Allah SWT juga sudah menjuluki dan menisbahkan seorang muslim merupakan kuntum khaira ummatin, sebagai umat yang terbaik. “Maka umat terbaik itu harus digambarkan pertama dalam kompetensi kelimuan. Ilmu apa pun karena Islam tidak membatasi untuk belajar ilmu agama saja, walaupun sumber ilmu pengetahuan itu berasal dari Al Quran,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Dosen Universitas BSI Kampus Pontianak-PT Borneo Latih Koperasi Hadapi Serangan Siber
ADVERTISEMENTS
Bebas Antri! Bayar Tagihan PDAM pakai Action langsung Beres

Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi kata Rektor, Unisba ingin mendidik ilmuwan-ilmuwan yang ulama, artinya mengerti agama karena Unisba merupakan PTIS yang intelektual. “Artinya bagaimana ulama dalam mengaplikaiskan pengetahuan agamanya dalam konteks perkembangan zaman yang semakin cepat sehingga kita mendorong mahasiswa lulusan Unisba mengerti agama yakni seorang faqih fiddin yang kompeten dibidang ilmunya, dan kalau sudah mengerti agama insya Allah akan ber-akhlakul karimah,” kata Rektor.

Pada bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Unisba telah menerapkan nilai-nilai ke-Islaman sesuai dengan road map LPPM Unisba. “Walaupun road map mengikuti perkembangan yang diberikan Dikti atau Kemenag atau lembaga lain, akan tetapi nilai-nilai ke-Islaman itu tetap harus masuk dan menjadi landasan,” ucapnya.

“Jadi artinya bukan hanya akhlak tapi perkembangan ilmu pengetahuan juga itu wajib, misal saat menjadi inovator. Ciri seorang muslim juga terus menghasilkan pembaharuan dan inovasi karena itu merupakan perintah agama. Oleh karena itu, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat itu harus sesuatu yang baru. Itulah fungsi bahwa Islam selalu mengejar kemajuan,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah

1 2

Reaksi & Komentar

لَّٰكِنَّا هُوَ اللَّهُ رَبِّي وَلَا أُشْرِكُ بِرَبِّي أَحَدًا الكهف [38] Listen
But as for me, He is Allah, my Lord, and I do not associate with my Lord anyone. Al-Kahf ( The Cave ) [38] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi