Selasa, 23/07/2024 - 19:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Kisah Nabi Ibrahim Diperintahkan Allah Sembelih Anaknya

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Kisah Nabi Ibrahim AS (ilustrasi). Dalam sebuah literatur

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

JAKARTA — Nabi Ibrahim AS merupakan leluhurnya para utusan Allah. Sebab, sebanyak 19 keturunannya menjadi nabi. Termasuk di antara mereka adalah Rasulullah SAW.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Sebagaimana nama Nabi Muhammad SAW, Ibrahim AS selalu disebut oleh setiap Muslim dalam shalat sehari semalam. Kurban yang dilakukan umat Islam tiap Idul Adha pun berkaitan dengan sebuah peristiwa yang dialami nabi berjulukan “Kekasih Allah” (Khalilullah) itu.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Nabi Ibrahim diperintahkan Allah untuk menyembelih anak sulungnya, Ismail AS. Kisah tentang ini terdapat dalam Alquran surah as-Saffat ayat ke-99 hingga 113.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Ibrahim saat itu sudah lanjut usia, tetapi belum jua memiliki anak. Karena itu, suami Sarah dan Hajar tersebut berdoa kepada Allah agar Dia mengaruniakan kepadanya buah hati. Doa itu kemudian dikabulkan.

Berita Lainnya:
Yang Mendambakan Keturunan Sholeh dan Sholehah, Baca Doa ini
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Maka Kami beri kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak yang sangat sabar (Ismail)” (QS as-Saffat: 101).

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Ibrahim AS sangat gembira begitu mengetahui kabar kehamilan istri keduanya, Hajar. Ketika lahir, bayinya itu kemudian dinamakannya Ismail.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Tahun demi tahun berlalu. Ismail pun tumbuh menjadi anak yang kuat, cakap, dan cerdas. Bukan hanya itu, ia dididik untuk menjadi pribadi yang beriman dan taat kepada Allah.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Pada suatu ketika, Ibrahim AS dalam tidurnya bermimpi menyembelih putranya tersebut. Mimpi para nabi adalah wahyu sehingga sang Khalilullah harus melaksanakannya.

“Maka ketika anak itu (Ismail) sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, ‘Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!’ Dia (Ismail) menjawab, ‘Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar'” (QS as-Saffat: 102).

Berita Lainnya:
Melacak Jejak Syiar Islam di Asia Tengah

Ayat di atas menunjukkan, betapa demokratis dan penuh keikhlasan hubungan antara bapak dan anak itu. Ibrahim tidak seketika menyembelih leher anaknya, tetapi memberitahukan terlebih dahulu wahyu yang Allah sampaikan kepadanya. Di sini, sang Khalilullah memberikan keteladanan tentang komunikasi.

Sementara itu, Ismail AS pun tidak mementingkan egonya. Walau masih muda, ia tidak memberontak dan mendebat apa-apa yang disampaikan ayahnya. Ia bahkan mendukung sang ayah sepenuhnya untuk melakukan segala yang diperintahkan Allah kepadanya.

Keduanya pun sepakat untuk ….

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَلَمْ تَكُن لَّهُ فِئَةٌ يَنصُرُونَهُ مِن دُونِ اللَّهِ وَمَا كَانَ مُنتَصِرًا الكهف [43] Listen
And there was for him no company to aid him other than Allah, nor could he defend himself. Al-Kahf ( The Cave ) [43] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi