Selasa, 23/07/2024 - 17:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

BMKG: Hujan Guyur Mayoritas Kota Besar di Indonesia

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, pada hari ini, Senin (17/6/2024), hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi mengguyur sebagian besar kota besar di Indonesia. Hal itu disampaikan prakirawan BMKG, Maria Klaudiana. Menurut dia, hujan dengan skala demikian terjadi akibat pengaruh gelombang rossby, gelombang kelvin, dan dorongan massa udara kering dari wilayah selatan.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Gelombang ekuatorial rossby teridentifikasi aktif di wilayah Banten, Lampung, Kalimantan Utara, Sulawesi bagian utara, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat,” ujar Maria dalam pernyataan yang tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (17/6/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Dia menuturkan, gelombang kelvin teridentifikasi aktif di wilayah Sumatra bagian tengah. Hal itu dapat memicu terjadinya peningkatan aktivitas pertumbuhan awan hujan di wilayah-wilayah tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

 

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Fenomena dorongan massa udara kering dari belahan bumi selatan mampu mengangkat uap air basah di depan batas intrusi menjadi lebih hangat dan lembap. Hal itu kemudian mendorong pertumbuhan awan hujan, khususnya di wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Sulawesi.

Berita Lainnya:
BMKG Tekankan Pentingnya Masyarakat Pahami Dampak Perubahan Iklim
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Berdasarkan hasil analisis dan prognosis peta angin, daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin yang berpotensi menghasilkan awan hujan terdapat di sebagian besar wilayah Sumatra. Ini termasuk provinsi-provinsi Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

 

ADVERTISEMENTS
Bebas Antri! Bayar Tagihan PDAM pakai Action langsung Beres

Begitu pula dengan daerah-daerah Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi bagian utara dan tengah, wilayah Maluku, Maluku Utara, sebagian besar Papua, serta Papua Barat.

 

Di Pulau Sumatra, BMKG memprakirakan, hujan ringan hingga sedang berpotensi mengguyur Medan, Tanjung Pinang, Jambi, Palembang, Bandar Lampung, dan Bengkulu. Adapun hujan yang disertai petir berpotensi mengguyur Pangkal Pinang.

 

Cerah berawan

 

Di Pulau Jawa, cuaca berawan hingga cerah berawan berpotensi terjadi di Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Adapun hujan ringan diprediksi hanya turun di Serang dan Semarang.

Berita Lainnya:
Tips Jaga Kesehatan Saat Memasuki Masa Pancaroba

Sementara itu, Bali hingga Nusa Tenggara Barat maupun Nusa Tenggara Timur umumnya akan mengalami cerah berawan. Ini terkecuali Denpasar, yang diprakirakan mendapatkan turun hujan ringan.

 

Di Pulau Kalimantan, cuaca berkabut hanya di Tanjung Selor. Sedangkan, hujan ringan terjadi di Palangka Raya dan Samarinda. Lalu, hujan yang disertai petir berpotensi mengguyur Pontianak dan Banjarmasin.

Di Pulau Sulawesi cuaca berawan hanya di Makassar. Sementara itu, hujan ringan hingga sedang terjadi di Gorontalo, Palu, Kendari, dan Manado, serta hujan lebat di Mamuju.

 

Mayoritas kota besar di wilayah timur Indonesia juga diprakirakan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, yaitu Manokwari, Ternate, dan Jayapura. Cuaca berawan hanya berpotensi menyelimuti Ambon.

 

“Tinggi gelombang laut di perairan Indonesia secara umum berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Namun, perlu diwaspadai gelombang 2,5 hingga 4 meter yang diperkirakan terjadi di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Tengah hingga selatan Bali,” ucap Maria.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

فَلَمَّا بَلَغَا مَجْمَعَ بَيْنِهِمَا نَسِيَا حُوتَهُمَا فَاتَّخَذَ سَبِيلَهُ فِي الْبَحْرِ سَرَبًا الكهف [61] Listen
But when they reached the junction between them, they forgot their fish, and it took its course into the sea, slipping away. Al-Kahf ( The Cave ) [61] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi