Jumat, 26/07/2024 - 03:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Empat Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Muslim tak Berkurban

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

MAKKAH –Meski dihukumi sunnah muakkad hingga wajib, ibadah kurban boleh tidak ditunaikan. Sebagaimana dalam sebuah hadits, yaitu:

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Dari Abu Suraihah ra., beliau berkata:

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

رأيت أبا بكر وعمر وما يضحيان

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

“Aku pernah melihat Abu Bakr dan ‘Umar tidak berkurban.” (HR. Abdur Rozaq no. 8139; sanad shahih)

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Direktur Pusat Penelitian Halal UGM, Nanung Danar Dono menjelaskan ada empat hal yang dapat dijelaskan terkait hadits di atas.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Pertama, ibadah kurban hukumnya wajib atau sunnah muakkadah bagi kita yang secara materi (finansial) telah dimampukan oleh Allah SWT. Jika kita secara materi tidak mampu, boleh kita tidak melaksanakan ibadah qurban.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Kedua, boleh tidak berkurban (saat secara materi memang sedang tidak memungkinkan ini pernah ditunjukkan oleh dua Sahabat terdekat Rasulullah ﷺ, yaitu: Abu Bakar Ash-Shiddiq dan ‘Umar ibnu Khattab. Beliau berdua pernah tidak berkurban, karena memang kondisi finansial saat itu sedang tidak memungkinkan.

Berita Lainnya:
Ketika Mantan Musuh Islam Menerima Hidayah
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Ketiga, kita yang secara materi kondisinya tanggung, artinya kaya raya tidak, miskin juga tidak, maka sangat baik kalau kita membiasakan diri menabung, agar bisa berkurban dengan sempurna. Menabung ini juga sebagai bukti iman kita kepada Allah Swt., sekaligus sebagai bukti (kepada Allah Swt.) bahwa kita benar-benar berniat untuk bisa berkurban.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Menabung ini bisa secara mandiri dengan menyisihkan pendapatan keluarga, lalu disimpan di rumah atau di lembaga keuangan. Bisa pula menabung (secara kolektif) melalui potong gaji oleh bendahara kantor (bagi kita yang bekerja sebagai ASN / PNS, atau staf di sebuah instansi).

Bendahara gaji, sesuai kesepakatan dengan staf yang bersangkutan, akan memotong gaji setiap bulan, lalu dibantu ditabungkan. Di akhir tahun, staf tersebut akan mendapatkan segepok uang dari hasil tabungan bulanannya. Cara menabung melalui potong gaji semacam ini ini dirasa lebih ringan karena kita tidak mengeluarkan uang (secara fisik), namun di akhir tahun kita menerima uang yang cukup banyak dari hasil tabungan kita.

Berita Lainnya:
Bagaimana Merawat Masjid Al Aqsa di Masa Lalu?

Keempat, kita masing-masing pasti bisa mengukur kemampuan finansial kita. Jika memang memungkinkan, maka semestinya kita berkurban. Jangan sampai kita yang secara materi sudah dimampukan Allah, tapi enggan melaksanakannya.

Allah Swt. adalah Rabb yang Maha Melihat. Allah Swt. pasti mengetahui bahwa sesungguhnya kita termasuk hamba Allah yang mampu (untuk berqurban) atau yang tidak mampu (lalu dimaafkan). Jangan sampai kita yang secara materi mampu, tetapi malas melaksanakannya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

قَالَ هَٰذَا فِرَاقُ بَيْنِي وَبَيْنِكَ ۚ سَأُنَبِّئُكَ بِتَأْوِيلِ مَا لَمْ تَسْتَطِع عَّلَيْهِ صَبْرًا الكهف [78] Listen
[Al-Khidh r] said, "This is parting between me and you. I will inform you of the interpretation of that about which you could not have patience. Al-Kahf ( The Cave ) [78] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi