Selasa, 23/07/2024 - 19:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONAL

Ini Dampak Ekonomi yang Dirasakan Masyarakat Tepi Barat Akibat Serangan Israel

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

 RAMALLAH — Para remaja di Palestina terlihat melewati rintangan di dalam tenda yang menjulang tinggi di pinggiran Ramallah, pusat kota keuangan Tepi Barat yang diduduki. Sedikit gambaran situasi terkini di sana.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Rupanya situasi menantang tidak hanya dihadapi para siswa di paviliun. Direktur sekolah juga mengalami kendala keuangan untuk membeli tenda dari Eropa, dan trampolin dari Asia. “Kami menderita karena pembayaran internasional,” kata Mohamad Rabah, kepala Sekolah Sirkus Palestina, dikutip dari Arab News, Senin (17/6/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Ia menjelaskan proses birokrasi yang kompleks. Pengiriman peralatan bisa mengalami penundaan hingga satu bulan. Perbankan di wilayah Palestina mendapat tantangan sulit. Itu karena Otoritas Palestina (PA) berada dalam pengawasan ketat, terkait dugaan pembiayaan teror. Keadaan demikian menghambat transaksi.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Israel telah menduduki Tepi Barat sejak 1967. Hubungan ekonomi yang kuat memungkinkan dua lembaga pemberi pinjaman Israel berfungsi sebagai bank koresponden di wilayah Palestina. Hal ini bisa berubah jika Menteri Keuangan Israel, Bezalel Smotrich, melaksanakan ancamannya. Ia mengancam memutus hubungan jalur vital perbankan pada bulan depan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Sejak serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 yang memicu perang Gaza, Israel memberlakukan pembatasan ekonomi terhadap Otoritas Palestina, menahan pendapatan pajak yang dikumpulkan atas nama PA. Smotrich mengatakan ia telah mengalihkan pendapatan pajak PA sebesar 35 juta dolar AS kepada keluarga korban ‘terorisme’, sebuah tindakan yang dikutuk oleh Amerika Serikat.

Berita Lainnya:
Warga Palestina Gugur Tergeletak di Jalanan di Tengah Pengeboman Intensif Israel
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Setelah tiga negara Eropa mengakui Palestina sebagai negara pada Mei 2024 lalu, Smotrich mengatakan kepada Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu ia tidak akan memberikan kompensasi kepada bank-bank yang melakukan transfer dana, mulai akhir Juni 2024 ini. Bank Israel, Bank Hapoalim dan Bank Discount, membutuhkan perlindungan hukum yang berakhir pada 1 Juli 2024, untuk menghindari sanksi atas transaksi dengan pihak pemberi pinjaman Palestina. Bank sentral dan kementerian keuangan Israel menolak berkomentar ketika dihubungi oleh AFP.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Saluran perbankan yang digunakan untuk membayar impor ke Tepi Barat, termasuk barang-barang penting seperti air, bahan bakar, dan makanan, mengelola transaksi senilai delapan miliar dolar AS per tahun. Bisnis Palestina menerima hampir 1,7 miliar dolar AS per tahun untuk ekspor, menurut Otoritas Moneter Palestina (PMA). “Bagi kami, karena perekonomian kami bergantung pada perekonomian Israel, karena Israel mengendalikan perbatasan, dampaknya akan besar,” ujar Gubernur PMA Feras Milhem.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Perekonomian Palestina sebagian besar diatur oleh Protokol Paris 1994. Itu memberikan kendali eksklusif atas perbatasan wilayah tersebut dengan Israel, termasuk hak untuk memungut bea masuk dan pajak pertambahan nilai untuk Otoritas Palestina (PA).

Berita Lainnya:
Legislator Prancis: Israel tak Diterima di Olimpiade Paris

Mata pencaharian orang-orang Palestina juga terkena dampak dari larangan masuknya pekerja ke Israel. Juga penurunan tajam dalam pariwisata di wilayah tersebut, termasuk musim Natal yang sepi di Betlehem.

Amerika Serikat mendesak Israel untuk memperbaiki kondisi tersebut. AS memperingatkan bahwa memutus jalur perbankan akan berdampak buruk pada perekonomian Tepi Barat. “Saya yakin hal ini akan menciptakan krisis kemanusiaan jika bank-bank Palestina diputus dari korespondensi Israel,” ujar Menteri Keuangan AS Janet Yellen bulan lalu.

Pemerintah negara-negara Barat khawatir kebijakan ekonomi Israel dapat mengganggu stabilitas Tepi Barat. “Sistem perbankan bisa runtuh dan Otoritas Palestina juga bisa runtuh,” kata seorang sumber diplomatik Eropa di Yerusalem kepada AFP yang tidak mau disebutkan namanya. “PA berada dalam krisis keuangan dan bisa runtuh sebelum Agustus,” katanya.

Para pengusaha Palestina mengatakan keuntungan mereka terdampak sejak 7 Oktober. Pemilik perusahaan plastik, Imad Rabah, mengatakan laba bersihnya turun 50 persen dalam setahun. Musa Shamieh, pemilik perusahaan pakaian perempuan mengatakan, kebijakan Israel dirancang untuk mendorong warga Palestina meninggalkan Tepi Barat.

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah

1 2

Reaksi & Komentar

آتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ ۖ حَتَّىٰ إِذَا سَاوَىٰ بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ قَالَ انفُخُوا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَعَلَهُ نَارًا قَالَ آتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًا الكهف [96] Listen
Bring me sheets of iron" - until, when he had leveled [them] between the two mountain walls, he said, "Blow [with bellows]," until when he had made it [like] fire, he said, "Bring me, that I may pour over it molten copper." Al-Kahf ( The Cave ) [96] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi