Rabu, 24/07/2024 - 06:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Lembaga Penelitian Eropa Pelajari Dampak Perubahan Iklim pada Samudra Arktik

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Es di laut Arktik mengalami penurunan sekitar empat persen per dekade antara tahun 1978-1996 Lembaga penelitian Eropa pelajari dampak perubahan Iiklim pada Samudra Arktik..

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

 BRUSSELS — Proyek penelitian multidisiplin ICEBERG, yang dipimpin Universitas Oulu, Finlandia, mempelajari polusi dan dampaknya terhadap ekosistem dan masyarakat di kawasan Artik. Penelitian yang akan berlangsung tiga tahun ini akan dilakukan di tiga wilayah, yaitu Greenland, Islandia, dan Svalbard.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Studi lapangan pertama telah dimulai di Svalbard. Perubahan iklim dan polusi menimbulkan ancaman signifikan terhadap kesehatan manusia dan ekosistem di kawasan Arktik. Proyek penelitian ICEBERG yang didanai Uni Eropa berupaya mengatasi permasalahan ini dengan bekerja sama dengan masyarakat adat dan komunitas lokal.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

“ICEBERG menangani masalah yang sangat mendesak yaitu pencemaran perairan Arktik akibat perubahan iklim dan aktivitas manusia. Ini masalah yang penting secara global, karena apa yang terjadi di Arktik mungkin berdampak pada wilayah lain di planet ini,” kata Manajer Proyek ICEBERG dari Universitas Oulu Docent Élise Lépy seperti dikutip dari Eurasia Review, Senin (17/6/2024).

Berita Lainnya:
Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Kabupaten Batang, Timbulkan Kerusakan
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengembangkan strategi bersama ketahanan mengatasi polusi dan perubahan iklim, melalui keterlibatan masyarakat yang inovatif. Proyek ini juga bertujuan untuk menghasilkan rekomendasi bagi tata kelola pengendalian polusi yang lebih baik.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

 

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Penelitian ICEBERG akan berlangsung di tiga lokasi berbeda di Arktik, yaitu bagian barat Svalbard  (Ny-Ålesund dan Sørkapp Land), bagian utara Islandia (Akureyri dan Húsavik) dan bagian selatan Greenland atau dalam bahasa lokal Kalaallit Nunaat (Narsaq, Qaqortoq dan Nanortalik).

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

ICEBERG sudah menggelar penelitian di Svalbard sejak April. Para peneliti mengumpulkan sampel dari lubang salju di Ny-Ålesund. Selama musim panas tim peneliti akan mengumpulkan sampah laut dan memasang kamera untuk memantau dinamika pesisir termasuk pengendapan sampah dan sampah-sampah yang dibawa ombak.

Berita Lainnya:
BMKG Ungkap Suhu Perkotaan Indonesia Kian Panas, Ini Penyebabnya
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Proyek ICEBERG akan melibatkan masyarakat Adat dan komunitas setempat. Sekolah-sekolah dan warga yang tertarik akan berkolaborasi dengan peneliti seperti melacak polusi lewat drone atau berkontribusi dengan menyampaikan hasil observasi mereka.

“Bersama-sama kami membangun pemahaman yang lebih baik dampak polusi pada masyarakat setempat dan bersama-sama menciptakan solusi baru untuk memantau dan membangun strategi mitigasi dan adaptasi,” kata Koordinator Ilmiah Proyek ICEBERG, Thora Herrmann.

“Bagi kami, pendekatan inklusif ini sangat penting dan memastikan proyek ini benar-benar dirancang untuk menjawab kebutuhan dan kekhawatiran masyarakat setempat,” tambahnya.

Selama tiga tahun dari 2024 sampai 2026 ICEBERG didanai program Horizon Europe Uni Eropa. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

مَّا أَشْهَدتُّهُمْ خَلْقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَا خَلْقَ أَنفُسِهِمْ وَمَا كُنتُ مُتَّخِذَ الْمُضِلِّينَ عَضُدًا الكهف [51] Listen
I did not make them witness to the creation of the heavens and the earth or to the creation of themselves, and I would not have taken the misguiders as assistants. Al-Kahf ( The Cave ) [51] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi