Rabu, 24/07/2024 - 06:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Gajah Afrika Ternyata Saling Memanggil Nama

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

 WASHINGTON — Penelitian terbaru menemukan gajah-gajah Afrika memanggil satu sama lain dan saling merespons dengan nama individu. Sesuatu yang hanya dilakukan beberapa fauna liar.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Nama-nama tersebut bagian dari suara gemuruh rendah para gajah yang dapat mereka dengar dari kejauhan dari seluruh savana. Ilmuwan yakin hewan yang memiliki struktur sosial yang kompleks dan kelompok-kelompok keluarga terpisah dan melakukan reuni lebih mungkin memiliki dan menggunakan nama.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Bila anda melihat keluarga besar, Anda dapat mengatakan ‘Hai Virginia, ke sini!” kata ekologis Duke University Stuart Pimm yang tidak terlibat dalam penelitian ini, pada Senin (10/6/2024) pekan lalu, dikutip dari AP.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Sangat jarang hewan liar memanggil satu sama lain dengan nama. Manusia memiliki nama dan hewan peliharaan seperti anjing biasanya mendapatkan nama.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Bayi lumba membuat nama mereka sendiri, menyerukannya lewat suara siul nyaring yang unik dan burung beo juga memiliki nama.

Berita Lainnya:
Kualitas Udara Jakarta tak Sehat, Gunakan Masker Saat Keluar
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Masing-masing spesies yang memiliki nama ini juga memiliki kemampuan untuk belajar mengucapkan suara-suara baru yang unik sepanjang hidup mereka. Bakat langka yang juga ternyata dimiliki gajah.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature Ecology and Evolution para biolog menggunakan machine learning atau pemelajaran mesin untuk mendeteksi penggunaan nama dalam perpustakaan suara vokalisasi gajah savana yang direkam di Cagar Alam Samburu dan Taman Nasional Amboseli di Kenya.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Para peneliti mengikuti gajah-gajah itu dengan mobil jeep untuk mengobservasi siapa yang memanggil dan siapa yang merespon. Contohnya bila ibu gajah memanggil anaknya atau pemimpin kelompok memanggil anggotanya.

Dengan hanya menganalisis data audio, model komputer memprediksi gajah mana yang sedang disapa 28 persen dari waktu yang tersedia, kemungkinan besar karena namanya dipanggil. Ketika diberikan data yang tidak berarti, model hanya melabeli 8 persen panggilan secara akurat.

“Sama seperti manusia, gajah menggunakan nama, tetapi mungkin tidak menggunakan nama dalam sebagian besar ujaran, jadi kami tidak mengharapkan 100 persen,” kata penulis studi dan ahli biologi Cornell University Mickey Pardo.

Berita Lainnya:
Gempa 7,2 Magnitudo Landa Peru, Berpotensi Tsunami

Suara gajah termasuk suara yang berada di bawah jangkauan pendengaran manusia. Para ilmuwan masih belum mengetahui bagian mana dari vokalisasi tersebut yang merupakan nama.

Para peneliti menguji hasil penelitian mereka dengan memperdengarkan rekaman pada gajah-gajah tertentu, yang merespons dengan lebih bersemangat, mengepakkan telinga dan mengangkat belalai, terhadap rekaman yang berisi nama mereka. Kadang-kadang gajah sama sekali tidak menghiraukan suara yang ditujukan kepada gajah lain.

“Gajah sangat sosial, selalu berbicara dan menyentuh satu sama lain, penamaan ini mungkin adalah salah satu hal yang mendukung kemampuan mereka untuk berkomunikasi dengan individu,” kata salah satu penulis dan ahli ekologi Colorado State University , George Wittemyer, yang juga merupakan penasihat ilmiah untuk organisasi nirlaba Save the Elephants.

“Kami baru saja membuka sedikit pintu menuju pikiran gajah,” tambahnya.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

فَانطَلَقَا حَتَّىٰ إِذَا أَتَيَا أَهْلَ قَرْيَةٍ اسْتَطْعَمَا أَهْلَهَا فَأَبَوْا أَن يُضَيِّفُوهُمَا فَوَجَدَا فِيهَا جِدَارًا يُرِيدُ أَن يَنقَضَّ فَأَقَامَهُ ۖ قَالَ لَوْ شِئْتَ لَاتَّخَذْتَ عَلَيْهِ أَجْرًا الكهف [77] Listen
So they set out, until when they came to the people of a town, they asked its people for food, but they refused to offer them hospitality. And they found therein a wall about to collapse, so al-Khidh r restored it. [Moses] said, "If you wished, you could have taken for it a payment." Al-Kahf ( The Cave ) [77] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi