Senin, 22/07/2024 - 04:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONAL

Ubah Taktik, Pejuang Palestina Kembali Sergap Pasukan Israel di Gaza

 GAZA – Para pejuang Palestina kembali melakukan beberapa penyergapan terhadap pasukan penjajahan Israel (IDF) pada Kamis (20/6/2024). Mereka menghancurkan tank dan kendaraan, dan melumpuhkan tentara Israel dari jarak dekat dengan taktik serangan yang baru.

Jika sebelumnya melakukan konfrontasi terbuka, kini pejuang Palestina lebih kerap meledakkan kendaraan Israel dengan peledak yang ditanam di jalur tank. Brigade Izzuddin al-Qassam, sayap militer Hamas  mengumumkan bahwa dengan cara ini pasukan lapis baja Israel disergap di Jalan Al-Bahr, di selatan lingkungan Tal Al-Sultan, di sebelah barat kota Rafah .

Mereka mengatakan bahwa telah menyiapkan ranjau khusus dengan daya ledak besar yang ditanam di bawah lorong pasukan Israel, setelah memantau operasi yang berlanjut selama beberapa hari di lokasi itu. Brigade al-Qassam mengatakan bahwa ketika pasukan lewat pada Kamis pagi dan sebuah tank Merkava melintas di atas ranjau, pejuang meledakkan ranjau tersebut, yang menyebabkan kehancuran total dan pembunuhan awaknya. Mereka mencatat bahwa operasi untuk menghilangkan sisa-sisa tentara yang tewas dan puing-puing tank berlanjut selama beberapa jam.

Aljazirah Arabia melansir, di Jalur Gaza selatan, al-Qassam mengumumkan bahwa para pejuangnya melenyapkan tentara Israel dari jarak nol, setelah mengejar mereka di dalam gang-gang kamp Shaboura, di kota Rafah. Al-Qassam mengatakan tentara Israel itu adalah awak dua tank Merkava yang melarikan diri setelah kedua tank tersebut menjadi sasaran rudal Al-Yassin 105.

Berita Lainnya:
Sebanyak 50 Tentara Infanteri Utama Israel Tewas

 

Al-Qassam juga mengumumkan bahwa para pejuangnya telah menyelesaikan penyergapan kompleks, yang dipersiapkan sebelumnya untuk tentara dan kendaraan Israel di kamp Shaboura, dan bahwa para pejuangnya sekali lagi mampu menargetkan dua kendaraan Eitan milik Israel dengan rudal Al-Yassin 105.

Al-Qassam mengatakan bahwa para pejuangnya memantau pendaratan helikopter untuk mengevakuasi tentara yang tewas dan terluka. Brigade al-Qassam juga melaporkan bahwa mereka mengambil kendali quadcopter Mavic di kamp Shaboura. 

Sementara itu, Brigade al-Quds, sayap militer Gerakan Jihad Islam, mengatakan bahwa mereka menargetkan tank Merkava Israel, dan menghancurkan tank lain dengan bahan peledak tinggi di lingkungan Al-Shaboura di Rafah. Media Israel melaporkan soal “peristiwa keamanan yang sulit” di kamp Shaboura setelah pertempuran sengit di sana.

Koresponden Aljazirah mengatakan bentrokan terjadi antara kelompok perlawanan dan pendudukan di kota Rafah. Koresponden tersebut menambahkan bahwa pasukan pendudukan kembali melakukan serangan artileri di berbagai wilayah di kota tersebut, sementara pesawat tempur Israel yang terbang di ketinggian rendah di atas kota tersebut.

Brigade al-Qassam juga mengumumkan bahwa mereka mengebom markas komando dan kontrol tentara pendudukan di sebelah timur lingkungan Zaytoun di Kota Gaza dengan mortir, menyebabkan kematian dan cedera.

Berita Lainnya:
Israel dan Hamas Kembali Rundingkan Gencatan Senjata, Perang Selesai?

Al-Qassam mengindikasikan – dalam sebuah pernyataan di platform Telegram – bahwa para pejuangnya memantau pendaratan helikopter Black Hawk dan Yasour untuk mengevakuasi tentara Israel yang tewas dan terluka. Brigade al-Qassam juga melaporkan bahwa mereka mengebom pasukan tentara Israel yang ditempatkan di barat daya kota Rafah dengan mortir kaliber berat.

Sebelumnya, Brigade Al-Quds menyiarkan adegan yang mereka sebut sebagai pemboman permukiman di sekitar Jalur Gaza dengan salvo rudal. Mereka mengklaim bertanggung jawab atas pemboman pertemuan tentara di sekitar Masjid Saad, sebelah timur lingkungan Zaytoun di Kota Gaza, dengan mortir. Dikatakan juga bahwa pihaknya mengebom ruang komando dan kendali di jalur pasokan di poros Netzarim, selatan Kota Gaza, dengan rentetan mortir.

Di sisi lain, media Israel melaporkan bahwa 5 tentara Israel dipindahkan ke Rumah Sakit Hadassah di Yerusalem, dan dua diantaranya mengalami luka serius.

Radio Angkatan Darat Israel juga mengumumkan bahwa dua tentara dari Angkatan Bersenjata terluka parah akibat rudal anti-tank di Rafah. Sebelumnya, tentara Israel mengumumkan bahwa 6 tentara terluka selama 24 jam terakhir dalam pertempuran di Gaza.

1 2

Reaksi & Komentar

قَالَ لَهُ مُوسَىٰ هَلْ أَتَّبِعُكَ عَلَىٰ أَن تُعَلِّمَنِ مِمَّا عُلِّمْتَ رُشْدًا الكهف [66] Listen
Moses said to him, "May I follow you on [the condition] that you teach me from what you have been taught of sound judgement?" Al-Kahf ( The Cave ) [66] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi