Minggu, 21/07/2024 - 20:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Libur Sekolah Anti Mati Gaya, Ini Rekomendasi Aktivitas Seru dan Menyenangkan untuk Anak

REPUBLIKA.CO.ID. JAKARTA — Liburan panjang sekolah anak sudah di depan mata. Libur sekolah menjadi salah satu hal yang sangat dinantikan oleh anak-anak. Waktu luang yang lebih panjang ini adalah kesempatan emas bagi mereka untuk beristirahat dari rutinitas belajar yang padat.

Namun sebagai orang tua, Anda mungkin merasa bingung mencari aktivitas yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga bermanfaat bagi anak-anak. Berikut ini rekomendasi aktivitas liburan menyenangkan untuk anak yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Mengasah kreativitas dengan kerajinan tangan

Kerajinan tangan merupakan aktivitas yang sangat baik untuk mengasah kreativitas anak. Anda bisa menyediakan bahan-bahan seperti kertas, kain flanel, lem, gunting, dan alat mewarnai. Aktivitas ini tidak hanya menghibur, tetapi juga membantu meningkatkan keterampilan motorik halus dan kemampuan konsentrasi anak.

 

2. Liburan edukatif di museum atau kebun binatang

Ajak anak Anda untuk mengunjungi tempat-tempat edukatif seperti museum atau kebun binatang. Selain menyenangkan, kunjungan ke tempat-tempat ini akan menambah wawasan dan pengetahuan anak tentang berbagai hal. Pastikan untuk memilih museum atau kebun binatang yang memiliki program khusus untuk anak-anak agar mereka mendapatkan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik.

Berita Lainnya:
Enhypen Luncurkan Proyek The City Pertama di Jakarta

3. Mencoba kelas atau workshop anak

Banyak lembaga pendidikan dan komunitas yang mengadakan kelas atau workshop khusus anak selama liburan panjang. Misalnya, kelas memasak, seni rupa, sains, atau olahraga. Aktivitas ini akan memberikan pengalaman baru bagi anak sekaligus meningkatkan keterampilan dan minat mereka di berbagai bidang.

4. Outdoor adventure dan piknik keluarga

Menghabiskan waktu di alam terbuka juga merupakan pilihan yang menyenangkan. Anda bisa merencanakan kegiatan piknik di taman, hiking, atau berkemah di tempat yang aman. Selain menyegarkan pikiran, aktivitas luar ruangan ini akan membantu anak lebih aktif secara fisik dan meningkatkan kecintaan mereka terhadap alam.

5. Membaca buku

Dorong minat baca anak dengan menyediakan berbagai buku yang menarik sesuai usia mereka. Membaca bukan hanya cara yang baik untuk mengisi waktu luang, tetapi juga membantu meningkatkan kosakata, imajinasi, dan kemampuan berpikir kritis anak. Anda bisa mengajak anak ke perpustakaan atau toko buku untuk memilih buku yang mereka suka.

6. Bermain permainan tradisional

Permainan tradisional seperti layang-layang, congklak, atau petak umpet bisa menjadi alternatif menyenangkan yang juga mengenalkan anak pada kebudayaan lokal. Selain mudah dilakukan, permainan ini juga sifatnya interaktif, sehingga dapat membangun keterampilan sosial dan komunikasi anak.

Berita Lainnya:
Jazz Gunung Bromo 2024 Dihelat 19-20 Juli, Padukan Musik Jaz dan Keindahan Bromo

7. Menonton film atau teater keluarga

Menonton film keluarga atau teater anak juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan edukatif. Pilih film atau pertunjukan yang memiliki pesan moral atau edukasi. Aktivitas ini bisa menjadi momen berkualitas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

8. Aktivitas virtul edukatif

Di era digital ini, banyak platform yang menyediakan konten edukatif secara online, seperti kelas sains virtual, kursus bahasa, atau tur virtual ke museum-museum terkenal di dunia. Pastikan untuk memilih konten yang sesuai dengan usia dan minat anak.

Dalam merencanakan aktivitas liburan untuk anak, yang terpenting adalah memastikan bahwa aktivitas tersebut seimbang antara kesenangan dan edukasi. Dengan begitu, anak tidak hanya menikmati liburan mereka tetapi juga mendapatkan manfaat yang lebih besar bagi perkembangan mereka.

Dengan berbagai rekomendasi aktivitas di atas, diharapkan liburan panjang sekolah anak Anda akan menjadi lebih bermakna dan menyenangkan. Selamat mencoba dan semoga anak-anak Anda memiliki liburan yang tak terlupakan!

*Artikel ini dibuat oleh AI dan telah diverifikasi Tim Redaksi.

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

قَالَ أَلَمْ أَقُل لَّكَ إِنَّكَ لَن تَسْتَطِيعَ مَعِيَ صَبْرًا الكهف [75] Listen
[Al-Khidh r] said, "Did I not tell you that with me you would never be able to have patience?" Al-Kahf ( The Cave ) [75] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi