Minggu, 21/07/2024 - 21:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

7 Perilaku yang Bisa Membantu Terlihat Awet Muda Menurut Psikologi, Salah Satunya Banyak Bersyukur

BANDA ACEH – Kita semua tentu ingin terlihat awet muda meskipun usia sudah semakin bertambah.Namun terkadang, seseorang belum memahami bahwa kebiasaan yang dilakukan tidak hanya mempengaruhi penampilan tetapi juga seberapa muda perasaan Anda.

Hal ini bukan tentang diet atau perawatan kecantikan yang mahal. Tetapi ini tentang mengubah perilaku Anda berdasarkan apa yang menurut psikologi bisa membantu Anda memancarkan energi awet muda.

Dilansir dari laman Global English Editing, Sabtu (22/6), berikut beberapa perilaku yang bisa membantu Anda terlihat awet muda diantaranya.

Rajin berolahraga

Menurut psikologi, salah satu perilaku kunci untuk terlihat dan merasa lebih mudah adalah tetap aktif dan rajin olahraga. Hal ini bukan hanya tentang pergi ke gym atau lari maraton.

Tetapi tentang memasukkan lebih banyak gerakan ke dalam rutinitas harian Anda yang memberikan pengaruh luar biasa. Mulai dari berjalan kaki, naik tangga, hingga menari sambil bersih-bersih.

Aktivitas tersebut tidak hanya menjaga bentuk tubuh tetapi juga mampu meningkatkan suasana hati dan tingkat energi sehingga membuat Anda merasa lebih muda.

Tidak bosan untuk belajar

Psikologi mengungkapkan bahwa menerapkan pembelajaran secara terus-menerus adalah perilaku kunci untuk mempertahankan energi awet muda. Salah satunya belajar membuat pikiran Anda tetap tajam dan membuka pandangan baru.

Berita Lainnya:
Terungkap Fakta Hasyim Asy'ari Gunakan Fasilitas Negara untuk Jemput Cindra di Jakarta, Juga Belikan Deretan Barang Mahal Ini

Intinya, jika Anda ingin merasa lebih muda maka jangan takut untuk memanfaatkan kesempatan belajar baru. Baik itu melakukan hobi baru, mempelajari bahasa baru atau sekadar membaca tentang topik yang Anda minati.

Mempertahankan sikap positif

Psikologi menunjukkan kekuatan positif bisa membuat Anda merasa lebih muda. Sikap positif dapat memengaruhi stres, meningkatkan mood dan bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Para peneliti di Universitas Yale menemukan bahwa orang-orang dengan pandangan positif terhadap penuaan hidup rata-rata 7,5 tahun lebih lama dibandingkan mereka yang memiliki pandangan negatif.

Pada intinya, mengubah cara berpikir Anda tentang penuaan saja bisa menambah umur Anda.

Menjaga hubungan sosial

Psikologi menunjukkan bahwa menjaga hubungan sosial yang kuat dapat berkontribusi signifikan terhadap perasaan lebih muda.

Pada dasarnya memiliki hubungan dekat dan sering berinteraksi sosial dapat meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan rasa memiliki dan meningkatkan kesehatan fisik.

Berita Lainnya:
Polusi Udara tak Hanya Buruk Bagi Pernapasan, Ternyata Bisa Juga Ganggu Kesehatan Mental

Baik itu bergabung dengan klub, bertemu teman sambil minum kopi atau sekadar menelepon orang tersayang untuk ngobrol bisa membantu Anda agar tetap terhubung dengan lingkungan sosial. Hal ini bisa mempertahankan semangat awet muda Anda.

Mempraktikkan rasa syukur

Psikologi memberi tahu kita bahwa mempraktikkan rasa syukur dapat memainkan peran penting dalam menjaga kita tetap awet muda.

Pada dasarnya mengekspresikan penghargaan atas apa yang kita miliki dapat mengurangi stres, meningkatkan suasana hati dan meningkatkan pandangan hidup yang positif.

Menjaga kualitas tidur

Psikologi menunjukkan bahwa mengutamakan tidur sangat penting untuk terlihat dan merasa awet muda. Kualitas tidur yang baik memberi tubuh Anda waktu untuk memperbaiki dan meremajakan diri Anda.

Hal ini tentu sangat penting untuk mempertajam pikiran dan memperbaiki suasana hati.

Menjaga pola makan seimbang

Psikologi menunjukkan bahwa menjaga pola makan seimbang bisa berperan penting dalam menjaga kita awet muda. 

Pola makan yang sehat tidak hanya membuat tubuh kita berfungsi sebaik-baiknya tetapi juga memengaruhi suasana hati dan tingkat energi kita.***


Reaksi & Komentar

قُل لَّوْ كَانَ الْبَحْرُ مِدَادًا لِّكَلِمَاتِ رَبِّي لَنَفِدَ الْبَحْرُ قَبْلَ أَن تَنفَدَ كَلِمَاتُ رَبِّي وَلَوْ جِئْنَا بِمِثْلِهِ مَدَدًا الكهف [109] Listen
Say, "If the sea were ink for [writing] the words of my Lord, the sea would be exhausted before the words of my Lord were exhausted, even if We brought the like of it as a supplement." Al-Kahf ( The Cave ) [109] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi