Jumat, 26/07/2024 - 01:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Kini Perbankan Syariah Bisa Manfaatkan Dana Wakaf, Ini Keunggulannya

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap perbankan syariah dapat menjauh dari kompetisi langsung dengan bank konvensional dan menciptakan keunggulan kompetitif yang unik. Dengan demikian, perbankan syariah tidak hanya akan unggul dalam persaingan tetapi juga memberikan dampak positif yang lebih luas, mendukung kesejahteraan yang merata, dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

“Lahirnya UU Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK) telah memberikan peluang bagi perbankan syariah untuk memiliki produk yang berbeda dengan bank konvensional seperti pengembangan produk investment account yang memungkinkan bank syariah menawarkan produk investasi kepada nasabah, penyertaan pada lembaga non-keuangan agar sinergi bank syariah dengan sektor usaha real atau sektor real dapat dilakukan secara optimal,” ungkap Deputi Komisioner Pengawasan Bank Pemerintah dan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Defri Andri dalam Kick Off Bulan Pembiayaan Syariah 2024 yang diikuti secara daring, Selasa (25/6/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Oleh karenanya, OJK terus mendorong peningkatan ekosistem syariah melalui optimalisasi pengelolaan dana wakaf guna membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan perekonomian. Ia mengatakan, Cash Waqf Linked Deposit (CWLD) dapat menjadi salah satu produk perbankan syariah yang mengintegrasikan fungsi sosial dengan fungsi komersial bank syariah sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU).

Berita Lainnya:
Sejumlah Jalan Tol Mulai Dijuali ke Swasta
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

“Produk perbankan tersebut juga dapat menjaga struktur dana pada bank, terlaksananya fungsi sosial, dan juga meningkatkan transaksi keuangan syariah, OJK juga telah mengembangkan CWLD yang berbasis wakaf uang temporer melalui sinergi perbankan syariah dengan keuangan sosial syariah. CWLD memberikan kesempatan bagi nasabah untuk mewakafkan uangnya dalam bentuk deposito yang pokoknya akan kembali setelah jangka waktu wakaf berakhir dan bagi hasil deposito dapat langsung disalurkan untuk menerima wakaf,” terang Defri.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Sebagai informasi, dengan memiliki dana Rp 1 juta sudah bisa berwakaf melalui CWLD jangka waktu deposito selama satu tahun. setelah jatuh tempo, dana wakaf uang CWLD akan dikembalikan kepada wakif. Imbal hasil deposito tersebut akan dimanfaatkan untuk masyarakat sesuai dengan seri program yang telah disepakati.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

CWLD juga merupakan bentuk dari sinergi perbankan syariah dengan keuangan sosial syariah memiliki mutual benefit bagi perwakafan maupun bagi perbankan syariah itu sendiri. CWLD dapat meningkatkan aset wakaf, menambah nilai manfaat bagi penerimaan manfaat serta menyediakan fasilitas pembiayaan komersial bagi nazir wakaf uang, membangun dan mengembangkan aset wakaf agar dapat lebih produktif.

Berita Lainnya:
OJK Gelar Olimpiade Syariah Pelajar Mahasiswa Hadiah Ratusan Juta, Begini Lengkapnya!
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“CWLD di perbankan syariah juga dapat menjaga maturity dari sisi dana rakyat ketiga selama jangka waktu wakaf karena dana wakaf tidak dapat di-break. Hal tersebut sangat membantu perbankan syariah dalam melakukan manajemen risiko likuiditas yang lebih baik,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Defri menambahkan, wakaf uang temporal dari CWLD ini dapat menjadi alternatif peningkatan likuiditas perbankan syariah sekaligus dapat menjadi instrumen pekerjaan yang yung untuk membantu meningkatkan inklusi keuangan di sisi pembiayaan. Sebagai regulator, OJK akan terus mendukung dan mendorong pengembangan produk sharia base product seperti CWLD, Syariah Restricted Investment Account, atau SALAM, Supply Chain Financing.

“Penerapan produk-produk unik ini tidak bisa terlepas dari sinergi otoritas lain termasuk kementerian, lembaga, asosiasi, perbankan dan perbankan syariah itu sendiri. Karena hal inilah yang menjadi esensi dari ekonomi dan keuangan syariah yang menjanjikan untuk mendorong pertumbuhan berbasis nilai, lebih dari sekedar tujuan keuntungan, pertumbuhan yang seimbang, progresif berkelanjutan dan inklusi,” ujar dia.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

كِلْتَا الْجَنَّتَيْنِ آتَتْ أُكُلَهَا وَلَمْ تَظْلِم مِّنْهُ شَيْئًا ۚ وَفَجَّرْنَا خِلَالَهُمَا نَهَرًا الكهف [33] Listen
Each of the two gardens produced its fruit and did not fall short thereof in anything. And We caused to gush forth within them a river. Al-Kahf ( The Cave ) [33] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi