Sabtu, 20/04/2024 - 13:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kamezawa: Indonesia Penting bagi Jaringan Global MUFG

ADVERTISEMENTS

Indonesia memainkan peran penting dalam pengembangan ekonomi regional.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA–Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) mengumumkan selesainya kunjungan resmi Hironori Kamezawa, Presiden dan CEO MUFG Group ke Jakarta. Kunjungan ke Indonesia ini merupakan perjalanan bisnis pertama yang dilakukan Kamezawa di Asia Pasifik sejak dilantik pada April 2020.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Agenda perjalanan Kamezawa selama tiga hari  terdiri dari rangkaian pertemuan dengan para pemangku kepentingan kunci, mulai dari pertemuan dengan perwakilan senior Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga diskusi dengan jajaran staf dari MUFG Bank, Ltd. Cabang Jakarta (MUFG Bank) beserta mitra strategisnya PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) dan Adira Finance, di mana ia menegaskan kembali komitmen grup dalam mendukung pertumbuhan ekonomi jangka panjang Indonesia.

ADVERTISEMENTS


“Sebagai salah satu ekonomi terbesar di Asia Pasifik, Indonesia memainkan peran penting dalam pengembangan ekonomi regional. Saya tergugah oleh komitmen pemerintah Indonesia dalam berinvestasi di bidang infrastruktur dan menyambut investasi asing sebagai bagian dari cetak biru “Visi Indonesia 2045”, yang jika terpenuhi, akan menempatkan bangsa ini di antara negara-negara dengan PDB teratas di dunia,” tutur Kamezawa dalam keterangan tertulis, Selasa (13/9/2022). 


“MUFG telah hadir selama lebih dari 50 tahun di Indonesia. Kemitraan strategis MUFG dengan Danamon merupakan bentuk komitmen jangka panjang kami di negeri ini, yang memungkinkan kami untuk berkolaborasi dalam transaksi-transaksi berskala besar, serta inisiatif pemerintah terkait infrastruktur. Saya meyakini bahwa bersama-sama, kita akan dapat melakukan lebih banyak hal, dan berkontribusi terhadap masa depan yang lebih cerah bagi infrastruktur sosial, ekonomi, dan keuangan Indonesia,” kata Kamezawa di akhir perjalanannya.


Kamezawa menekankan bahwa MUFG dapat mendukung pembangunan Indonesia melalui berbagai cara. Seperti memanfaatkan jaringan Asia Pasifik MUFG yang unggul. MUFG telah menginvestasikan lebih dari USD 14 miliar di berbagai bank terkemuka di ASEAN, termasuk Danamon. Langkah ini menciptakan sebuah jaringan hybrid yang unik dan model layanan nasabah yang terintegrasi “One MUFG”.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
PLN Imbau Warga Amankan Instalasi Listrik Antisipasi Cuaca Ekstrem


Melalui kemitraannya dengan Danamon, MUFG tak hanya dapat bersama-sama mendukung perusahaan lokal, multinasional, dan perusahaan asal Jepang di seluruh rantai nilai (value chain) dan rantai pasok (supply chain), dan tetap memberikan layanan finansial kepada karyawan dari perusahaan-perusahaan tersebut.


Mendukung kebutuhan infrastruktur Indonesia. Prioritas utama MUFG di Indonesia adalah untuk membantu menjawab tantangan terkait rantai pasok, yang jika teratasi akan meningkatkan minat perusahaan multinasional untuk berbisnis di Indonesia. Hal inilah yang menjelaskan komitmen berkelanjutan MUFG dalam mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia tersebut dapat terlihat dari pendanaan MUFG pada beberapa proyek utama pemerintah, seperti pembangunan stasiun light rail transit di Palembang, jalan tol Balikpapan-Samarinda dan stasiun light rail transit Jakarta-Bogor-Depok- Bekasi.


Memperdalam hubungan ekonomi Jepang-Indonesia. MUFG dapat memanfaatkan hubungan mendalamnya dengan perusahaan dan pemerintah Jepang. untuk memfasilitasi bisnis di antara kedua negara. Sentimen korporasi dan investor Jepang di Indonesia tetap kuat, dan bersama dengan Danamon, MUFG akan menjembatani perusahaan lokal dengan perusahaan Jepang melalui acara business matching, sebuah tradisi lama kebanggaan MUFG yang telah berhasil diterapkan pada berbagai kemitraan perbankan di Asia .


Menjawab tantangan prioritas digitalisasi dan lingkungan di Indonesia. Indonesia yang menjadi tuan rumah pertemuan G20 tahun ini akan memimpin diskusi global seputar transformasi digital dan transisi energi berkelanjutan – sebuah topik yang juga menjadi prioritas utama MUFG. Grup ini akan terus berupaya memanfaatkan berbagai peluang yang ada di dalam jaringan mitra regionalnya, yang juga mencakup raksasa teknologi seperti Grab, untuk mendukung ekonomi digital Indonesia. Grup ini juga berkomitmen untuk terlibat dalam dialog konstruktif dengan semua pemangku kepentingan di seluruh lapisan pemerintah, industri dan masyarakat, untuk membantu mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan membangun nilai jangka panjang bagi Indonesia.

Berita Lainnya:
Tiket Menyeberang Merak Sudah Habis, DPR Peringatkan Jangan Sampai Ada Calo


Yasushi Itagaki, Presiden Direktur Danamon, menambahkan bahwa faktor kunci keberhasilan bisnis MUFG di Indonesia antara lain adalah kemampuannya untuk bersinergi dengan seluruh lini bisnis kita, membangun kemitraan yang komprehensif, serta memahami dan  memenuhi kebutuhan nasabah dan komunitas di mana kami beroperasi, seperti yang dicontohkan melalui kunjungan Kamezawa.


“MUFG Bank, Danamon, dan Adira Finance semuanya saling berhubungan dan saling melengkapi. Kolaborasi kami memungkinkan kami untuk melayani dan memberikan solusi finansial secara menyeluruh dari hulu ke hilir rantai pasok, dan ekosistem bisnis. Ini adalah competitive advantage kami untuk memperluas kontribusi kami terhadap perekonomian Indonesia dan mendapatkan kepercayaan dari klien kami,” kata Itagaki. 


Kazushige Nakajima, Executive Officer, Country Head of MUFG Indonesia, mengatakan, contoh dari sinergi saling melengkapi dari kemitraan MUFG Bank-Danamon-Adira Finance adalah kolaborasi kami di industri otomotif Indonesia. Kami memberikan akses pembiayaan untuk industri, Danamon mendukung dealer serta ekosistem bisnis mereka, sementara Adira Finance melayani kebutuhan finansial konsumen akhir.


“Kolaborasi ‘One MUFG’ yang strategis ini akan selalu diperluas dan diperdalam untuk memastikan nasabah mendapatkan solusi satu atap yang efisien untuk semua kebutuhan mereka, terutama saat mengakses dan mengoptimalkan jaringan global MUFG. Hal ini merupakan competitive advantage kami, yang memungkinkan kami untuk memberikan layanan yang optimal berkat dukungan penuh dari MUFG Group,” tutur Nakajima.


 


 


 


 

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi