Sabtu, 20/04/2024 - 10:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Psikolog: Penyintas Perlu Dukungan Psikologis Awal Cegah Trauma

ADVERTISEMENTS

Dukungan psikologis awal bisa berupa dukungan sosial dan materi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani mengatakan penyintas bencana alam perlu diberikan Dukungan Psikologis Awal (DPA). Dukungan penting agar trauma para penyintas bencana alam tidak berkepanjangan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Bencana bisa jadi sumber trauma, tapi tidak selalu berkepanjangan jika orang tua atau lingkungan masyarakat sekitarnya bisa bersikap dengan tepat dengan melakukan DPA,” ucapnya, dalam keterangan, Senin (28/11/2022).

ADVERTISEMENTS

Ia mengatakan DPA bisa menjadi sebuah pencegahan terhadap trauma terutama pada anak. Dukungan psikologis yang dapat diberikan bisa berupa dukungan sosial dan penyediaan materi langsung kepada korban. Selain itu pemberian saran tentang kondisi psikologis korban juga perlu disampaikan agar mereka dapat mengenali dan mengatasi masalah lebih efektif.

Berita Lainnya:
Operasi Perut Terbuka, Dokter Keluarkan Potongan Kelapa 9 Cm dari Dubur Pria Taiwan

Ketiga ada dukungan emosional, yaitu upaya memunculkan rasa nyaman, yakin, dipedulikan dan dicintai yang dapat membantu individu mengelola kondisi emosinya agar bisa lebih obyektif dan efisien dalam memahami dan mengatasi masalah. Selanjutnya dukungan harga diri, di mana pemberian semangat, persetujuan pendapat atau tindakan, perbandingan positif dengan individu lain, dan bentuk lain yang dapat meningkatkan harga diri dan rasa kompeten individu untuk menyelesaikan masalah.

Berita Lainnya:
Tinggal Serumah dengan Anak Kecil, Lansia Berisiko Ketularan Pneumonia

Terakhir dukungan kelompok sosial. Yaitu dukungan yang membuat seseorang tersebut tidak sendiri dalam menghadapi suatu masalah dan mempunyai teman senasib, dan bagian dari kelompok sosial yang memiliki kesamaan masalah. “Yang disebut bantuan psikologis itu ada banyak hal, dan bisa menjadi sebuah trauma prevention,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi