Selasa, 16/04/2024 - 23:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Luhut: Pelemahan Rupiah Bukan karena Ekonomi RI Buruk

ADVERTISEMENTS

Pelemahan rupiah lebih disebabkan karena faktor bank sentral AS.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku tidak khawatir dengan pelemahan rupiah yang terjadi lantaran hal itu terjadi bukan karena ekonomi Indonesia yang buruk.

ADVERTISEMENTS

Luhut menilai pelemahan rupiah terjadi karena adanya faktor eksternal, yaitu kenaikan suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed, yang agresif dilakukan sepanjang 2022.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

“Kalau nanti ada yang sampaikan The Fed kalau masih tekan, which is kayaknya enggak lagi, dia (rupiah) sampai Rp16 ribu, oke, kita nanti akan adjust (sesuaikan) lagi ke bawah. Jadi semua manageable (terkendali) , semua by design (terdesain), bukan karena ekonomi kita tidak bagus,” katanya dalam Wealth Wisdom 2022 yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Jasa Raharja Gandeng Guru Bangun Kesadaran Siswa Jaga Keselamatan Berlalu Lintas

Menurut Luhut, pergerakan nilai tukar rupiah yang terjadi saat ini pun dinilai sebagai suatu hal yang wajar akibat kenaikan suku bunga acuan The Fed. Ia penyebut hampir semua negara pun terpengaruh hal tersebut.

“Rupiah oke, Rp15 ribu is fine (bagus), nggak ada masalah. Karena bagaimanapun pressure (tekanan) itu, dari penaikan suku bunga The Fed, itu manapun negara di dunia terpengaruh. Tapi kita terpengaruh relatively kecil,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Bioskop Online Luncurkan Fitur Terbaru 'Download'

Luhut menyebut saat ini kepercayaan investor terhadap Indonesia sudah semakin baik. Jika dulu investor menilai Indonesia sebelah mata, tapi kini tidak lagi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Oleh karena itu, ia terus mendorong investor untuk menanamkan modal di Indonesia sehingga turut mendukung ekonomi, termasuk memperkuat nilai tukar rupiah. “Tadi saya makan sama pengusaha-pengusaha Tiongkok ini, saya bilang, ‘Ngapain taruh duitmu di Singapura, taruh saja di sini, rollover di Indonesia. Kami kan bagus’. Jawaban mereka, ‘We’ll do it’ (akan kami lakukan itu). Ini akan perkuat perbankan dan ekonomi kita,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

sumber : Antara

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Sumber: Republika

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi