Kamis, 25/04/2024 - 13:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Artikel JIS Muncul Lagi di Web Buro Happold, Keterangan Berserfitikat FIFA Dihapus

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Buro Happold kini memunculkan lagi foto dan keterangan Jakarta International Stadium (JIS) di dalam portofolio dan laman resmi mereka. Setelah sempat hilang, kini artikel tentang JIS muncul lagi. Hanya saja, ada yang berbeda dengan artikel sebelumnya. Setelah hampir setahun ada keterangan bahwa JIS sudah bersertifikat FIFA, kini artikel yang memuat keterangan tersebut dihapus.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Our engineers provided a FIFA certified stats-of-the-art stadium bowl design…” demikian keterangan di laman Biro Happold sebelumnya. Kini artikel tersebut hanya berisi tulisan, “Our engineers provided a state-of-the-art stadium bowl design….”

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Baca: Komisi X DPR Desak PSSI Segera Hadirkan FIFA Tinjau Rumput JIS

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Hilangnya kata bersertifikat FIFA di artikel Buro Happold juga menjadi bahan perbincangan warganet. Pemilik akun Twitter, @adityalesmana, misalnya yang menemukan kejanggalan tersebut.

ADVERTISEMENTS

“FYI: Artikel JIS balik lagi di website. Tebak bedanya apa,” ucap Adi yang melampirkan tangkapan layar artikel sebelumnya dan saat ini yang sudah direvisi. Benar saja, keterangan bersertifikat FIFA memang sudah tidak ada, tapi masih tersimpan di webarchive Buro Happold.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Vox Populi Vox Dei, Bukan Amicus Curiae

Sebelumnya, gambar dan artikel JIS hilang dari laman resmi Buro Happold setelah muncul kontroversi tudingan dari sejumlah pejabat pemerintah pusat yang menyebut, stadion berkapasitas 82 ribu penonton tersebut tidak berstandar FIFA. Alhasil, pemerintah pusat ingin melakukan renovasi JIS dan mengganti rumput stadion.

Baca: Kontroversi JIS Berlanjut, Kini Hilang dari Laman Resmi Buro Happold

Merespons gaduh soal JIS yang akan ditunjuk sebagai venue Piala Dunia U-17, Buro Happold pun membuat klarifikasi. Konsultan desain asal Inggris tersebut memberi penjelasan tentang rencana renovasi JIS yang belakangan memancing polemik setelah dilakukan inspeksi oleh PSSI pasca-Indonesia ditunjuk sebagai ruan rumah Piala Dunia U-17.

Saat inspeksi dilakukan PSSI pada 28 Juni 2023 dan dilanjutkan dengan peninjauan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, serta Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono pada 4 Juli 2023, diperoleh data JIS masih memerlukan banyak perbaikan. Mulai lebar jalan akses yang tak bisa dilalui bus pemain, hingga kondisi rumput stadion yang dinilai tak sesuai standar organisasi sepak bola internasional FIFA.

Berita Lainnya:
Pangkogabwilhan Ungkap Kronologi Penembakan yang Tewaskan Dua KKB

Dalam pernyataan resminya, yang dirilis 9 Juli 2023, Buro Happold sebagai salah satu pihak yang terlibat dalam pembangunan stadion ini mengklarifikasi peran dan kontribusi perusahaan tersebut dalam Proyek JIS. Buro Happold yang merupakan perusahaan jasa design, rekayasa dan konsultansi menyatakan tidak pernah diminta untuk mendesain stadion JIS dan tidak pernah pula mendesain stadion tersebut.

Baca: Ketua DPRD DKI Dukung Rumput JIS Diperbaiki Agar Sesuai Standar FIFA

“Buro Happold tidak ditugaskan untuk mendesain stadion dan tidak mendesainnya. Selain itu, perusahaan tidak terlibat dalam pembangunan selanjutnya,” bunyi pernyataan tersebut di Jakarta, Ahad (9/7/2023).

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi