Sabtu, 20/04/2024 - 13:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Perawatan Mobil Listrik dan Mobil Bensin Bedanya di Mana?

ADVERTISEMENTS

Meskipun relatif tidak dikenal beberapa tahun yang lalu, mobil listrik (EV) kini telah menjadi arus utama dan hampir ada di mana-mana. Di luar membebaskan pemiliknya dari perjalanan ke pompa bensin, EV menawarkan torsi instan, pengendaraan yang tidul menimbulkan kebisingan, dan pengalaman futuristik. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Meski harga EV biasanya lebih mahal dibandingkan mobil konvensional berbahan bakar bensin, penyeimbangnya adalah kenyataan bahwa biaya perawatannya lebih murah dari waktu ke waktu. Mengapa demikian, berikut beberapa faktor penyebabnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

EV memiliki lebih sedikit bagian yang bergerak

ADVERTISEMENTS

Kendaraan listrik tidak memiliki mesin pembakaran internal tradisional, yang membutuhkan oli dan memiliki lusinan bagian yang bergerak. Artinya, tidak seperti pemilik kendaraan berbahan bakar bensin, pemilik EV tidak perlu membayar penggantian oli atau mengganti filter udara dan barang habis pakai lainnya. Tidak ada busi, tidak ada transmisi tradisional, dan tidak ada sabuk yang aus. Selain suku cadang bergerak yang aus, EV juga tidak memiliki sistem pembuangan, yang berarti tidak ada knalpot atau konverter katalitik untuk diganti.

Keausan rem kurang

Jika Anda pernah mengemudi atau mengendarai EV, Anda pernah mengalami pengereman regeneratif dalam beberapa bentuk atau lainnya. Sistem ini secara efektif mengubah motor listrik dalam EV menjadi generator dan dapat memperlambat kendaraan, terkadang hingga berhenti—dan tanpa pengereman. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Hal itu menghemat keausan pada bantalan rem dan rotor, tetapi juga menjaga minyak rem dan komponen sistem pengereman, yang digunakan untuk menghasilkan tekanan yang diperlukan untuk mengoperasikan rem. Inilah yang disebut one-pedal driving, artinya pengemudi hanya perlu mengangkat pedal gas untuk memperlambat kendaraan daripada menggunakan rem.

Berita Lainnya:
TAM Hadirkan Toyota Hilux S-Cab Lebih Luas dengan Tiga Pilihan Tipe Mesin dan Bahan Bakar

Namun, perawatan yang lebih sedikit tidak berarti tidak ada perawatan. Pemilik EV masih menghadapi banyak perbaikan yang mengganggu dan mahal dan perlu mengurus banyak item perawatan rutin yang sama seperti yang dilakukan pemilik kendaraan berbahan bakar bensin. Berikut hal-hal yang perlu dirawat di mobil listrik

Ban dan rotasi ban

Mobil listrik masih menggunakan ban, dan dalam beberapa kasus keausan bannya dapat lebih cepat terjadi daripada mobil bertenaga gas. Torsi instan yang dihasilkan motor EV dapat menyebabkan laju kendaraan menjadi pincang, akibat ban yang cepat aus. Karenanya pemilik mobil listrik perlu merotasi bannya, seperti yang dilakukan pada kendaraan bensin

Cairan yang harus diganti

Kendaraan listrik memiliki filter udara kabin, bilah penghapus kaca depan, cairan pencuci, dan minyak rem. Semua hal itu membutuhkan perhatian dan penggantian seiring waktu.

Komponen suspensi

Sistem suspensi pada kendaraan listrik berfungsi dengan cara yang sama seperti pada kendaraan berbahan bakar gas. Artinya, seiring berjalannya waktu, benturan dan benturan yang timbul akibat berkendara normal dapat menyebabkan kerusakan dan keausan, yang pada akhirnya memerlukan perbaikan atau penggantian.

Pemeliharaan dan penggantian baterai

Meskipun intinya dalam perawatan EV adalah bahwa biayanya mungkin lebih murah daripada dengan kendaraan bertenaga mesin bensin, masih ada masalah baterai dan harga baterai.

Berita Lainnya:
Mornine: Robot AI dengan Desain Biomimetik untuk Revolusi Layanan Konsumen Otomotif

Motor pada mobil listrik menerima daya dari baterai, yang seiring waktu dapat rusak dan kehilangan sebagian dari kapasitas awalnya. Saat ini terjadi, Anda akan memiliki beberapa pilihan. Anda dapat mengganti paket baterai, yang untuk beberapa mobil bisa sangat mahal. 

Anda juga dapat melihat biaya perawatan tersebut dan memutuskan untuk menjual mobil atau melanjutkan memilikinya. Tetapi mobil tanpa baterai yang berfungsi penuh tidak akan menarik calon pembeli.

Akhirnya, Anda bisa mengabaikan masalah dan mengemudi sampai tidak ada yang tersisa di baterai, tetapi bersiaplah untuk melihat jarak pendek dan masalah lain di sepanjang jalan. Dengan pilihan ini, Anda mungkin mencapai titik di mana Anda tidak lagi memiliki daya yang cukup untuk komponen seperti sistem pendingin udara, yang memerlukan daya baterai untuk beroperasi.

Banyak pembuat mobil menawarkan garansi panjang untuk baterai mereka, yang dapat mencakup kendaraan hingga 100.000 mil dalam beberapa kasus, tetapi bahkan EV terbaik pun akan memerlukan penggantian baterai di masa depan.

Sudah siap memiliki mobil listrik?

Jika Anda mempertimbangkan memiliki kendaraan listrik, meneliti merek tertentu dan peringkat keandalan model yang Anda minati akan membantu Anda memahami posisi Anda setelah pembelian. Sumber informasi seperti Laporan Konsumen dapat membantu Anda membuat keputusan cerdas tentang kendaraan. Meskipun EV lebih murah dalam perawatan dari waktu ke waktu daripada mobil dengan mesin pembakaran, model yang berbeda menghadirkan biaya yang berbeda pula dari waktu ke waktu.

 

sumber : Autoweek.com

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi