Gejala Kanker Usus Juga Dapat Terlihat di Kulit, Dua Tanda Ini Perlu Diwaspadai

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Segera ke dokter jika mengalami gejala kanker usus.

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Gejala kanker usus tentu muncul pada apa yang dirasakan di usus, namun ada dua tanda pada kulit yang bisa menjadi sinyal itu. Dari kelelahan hingga nafsu makan yang rendah, kanker stadium lanjut dapat memicu berbagai gejala.

ADVERTISEMENTS

Tergantung di mana kanker telah menyebar, tanda bahaya juga bisa spesifik terasa di area tertentu. Menurut Cancer Research UK, dua gejala yang menandakan kanker menyebar adalah penyakit kuning dan kulit yang gatal.

ADVERTISEMENTS

Dilansir laman Express, Rabu (20/7/2022), penyakit kuning menggambarkan kulit dan bagian putih mata menjadi kuning. Karena ini bisa menjadi pertanda sesuatu yang serius, sangat penting untuk segera mendapatkan bantuan medis.

ADVERTISEMENTS

Cancer Research UK merekomendasikan untuk segera ke dokter jika mengalami tanda-tanda kanker usus lainnya. Kulit gatal dan kulit kuning bisa menandakan kanker yang menyebar, tapi itu juga bisa disebabkan oleh kondisi lain.

ADVERTISEMENTS

Tanda-tanda peringatan ini dapat juga menunjukkan berbagai masalah hati serta kondisi lain, sehingga jika terjadi hal itu tidak selalu berarti gejala kanker. Namun, ada juga tanda-tanda lain yang dapat membantu mengidentifikasi kondisi kanker usus, penyakit yang diderita mendiang kolumnis kondang Inggris, Deborah James.

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version