Rabu, 19/06/2024 - 10:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

IN-DEPTH

Anwar Ibrahim, Negarawan Pembaharu yang Telah Lama Dinantikan

Yang juga menarik dari leadership style Anwar Ibrahim adalah dia bukanlah pemimpin yang mempunyai stigma negatif terhadap negara-negara Barat. Meskipun dia sendiri adalah seorang Muslim yang taat, paham Alquran, pandai berbahasa Arab dan fasih berbahasa Inggris. Karena memang sejatinya Anwar yang saya anggap sebagai mentor politik serta negarawan sejati itu merupakan a rare perfect blend dari intelektualisme Islam, figur pemimpin Melayu yang kokoh pendiriannya, serta negarawan yang lengkap pengetahuan, pengalaman serta soft skill politiknya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Sejak 1987 saat pertama kali saya berkenalan dengannya, Anwar memang seorang leader dan guru politik yang wawasannya bagaikan sumur yang tak pernah kering. Ia banyak memberikan nasihat dan berbagi pengalaman dengan saya dan dari pengalamannya malang melintang di dunia politik, dapat saya timba banyak pelajaran, termasuk kesabarannya, keyakinan yang kokoh tentang visi yang diperjuangkannya, serta kegigihan dan keberaniannya melawan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang dianggapnya tidak mendatangkan manfaat terbesar bagi rakyatnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Naiknya Anwar Ibrahim ke pucuk pimpinan pemerintahan di Malaysia juga membawa harapan bahwa negarawan ini dapat menawarkan nilai-nilai Islam dengan kearifan budaya Melayu sebagai salah satu opsi solusi untuk mengatasi berbagai masalah di dunia. Bukan hanya untuk mencapai kesejahteraan material tetapi juga menciptakan keseimbangan dengan kesejahteraan immaterial serta kesetaraan dan keadilan.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Putusan MK Soal Irman, Jimly Asshiddiqie: Jalankan Saja Jangan Diperdebatkan

Sebab leadership style Anwar Ibrahim sesungguhnya melampaui batas-batas etnis dan rasial, serta sekat-sekat keagamaan dan budaya. Dengan visi globalnya serta kepemimpinan dan kepribadiannya yang kuat, Perdana Menteri Anwar Ibrahim diharapkan akan memelopori hadirnya era baru bukan saja di Malaysia, tetapi juga di kawasan ASEAN yang haus akan strong democratic leadership untuk dijadikan acuan.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Konstelasi hubungannya yang luas dengan para pemimpin di berbagai negara Barat juga diharapkan akan bisa menghapus politik Islamophobia serta stigma-stigma negatif terhadap dunia Islam, mengingat positioning-nya selama ini sebagai seorang leader inspiratif yang tidak inward-looking, sekaligus sebagai pembaharu yang modernis, yang sesungguhnya sangat dibutuhkan di dunia Islam, juga di ASEAN.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Sebagai pemimpin kelas dunia, Anwar telah lama menimba kearifan dari para tokoh di banyak negara, termasuk dari Indonesia, seperti Muhammad Natsir dan Buya Hamkah, meskipun dia sendiri merupakan seorang pengagum karya sastra Barat. Menduduki kursi Perdana Menteri di usianya yang 75 tahun, Anwar tentu akan mengerahkan segala kemampuannya untuk mengubah wajah Malaysia menjadi lebih baik sebagai legacy yang telah lama dinantikan rakyat Malaysia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Anwar Bertemu Pimpinan Hamas Harap Bisa Bantu Temukan Solusi Damai

Clean and good governance tentu akan melandasi budaya pemerintahannya dan ia akan menerjemahkan semua agenda perjuangannya selama ini ke dalam kenyataan sebab, itulah yang dinantikan rakyat Malaysia yang telah cukup lama diombang-ambingkan oleh politik menopoli kekuasaan. Sudah cukup lama Anwar dihambat sebagai the voice of the oppressed dan the voice of true freedom and democracy. Dan sekaranglah saatnya ia membuktikan kepada rakyat Malaysia bahwa apa yang ia perjuangkan selama ini adalah untuk kepentingan mereka.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Tantangan terdekat yang ia hadapi adalah memastikan dukungan mayoritas di parlemen untuk menyetujui RAPBN tahun depan, sebab belanja negara, termasuk untuk pembayaran gaji pegawai negeri, polisi dan militer harus dikeluarkan pada bulan Januari 2023. Maka sidang parlemen pada 19 Desember nanti akan merupakan pertarungan yang cukup sengit bagi PM Anwar Ibrahim dan Pakatan Harapan yang perlu merangkul lima koalisi lainnya untuk memuluskan langkahnya ke depan.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

وَلَبِثُوا فِي كَهْفِهِمْ ثَلَاثَ مِائَةٍ سِنِينَ وَازْدَادُوا تِسْعًا الكهف [25] Listen
And they remained in their cave for three hundred years and exceeded by nine. Al-Kahf ( The Cave ) [25] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi