Jenderal Ukraina Sampaikan Kebutuhan Mendesak pada AS

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
ADVERTISEMENTS

Ukraina ingin mengamankan tank-tank tempur modern dari negara-negara Barat

ADVERTISEMENTS

KIEV — Jenderal Angkatan Bersenjata Ukraina Valeriy Zaluzhnyi mengatakan ia menyampaikan “kebutuhan mendesak” pasukannya untuk menghadapi invasi Rusia. Hal ini ia sampaikan pada Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Amerikan Serikat (AS) Jenderal Mark Milley di Polandia.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Ukraina ingin mengamankan tank-tank tempur modern dari negara-negara Barat. Kiev berharap dapat menggunakannya untuk mengusir pasukan Rusia dari wilayah selatan dan timur.

ADVERTISEMENTS
ADVETISEMENTS

“Saya menguraikan kebutuhan mendesak Angkatan Bersenjata Ukraina, pemenuhannya akan mempercepat kemenangan kami,” kata Zaluzhnyi dalam unggahannya di aplikasi kirim pesan Telegram, Selasa (17/1/2023).

ADVERTISEMENTS

Dalam wawancara dengan The Economist bulan Desember lalu Zaluzhnyi mengatakan ia membutuhkan 300 tank, sekitar 600 sampai 700 kendaraan tempur infantri, dan 500 howitzers untuk membantu pasukannya mengusir Rusia.

ADVERTISEMENTS

“Saya tahu saya dapat mengalahkan musuh ini, tapi saya membutuhkan sumber daya,” katanya.

ADVERTISEMENTS

Sejauh ini AS merupakan pemasok militer terbesar Ukraina sejak perang dimulai. Sekutu-sekutu Barat dijadwalkan bertemu di Pangkalan Udara militer AS di Jerman untuk menyampaikan janji bantuan militer ke Ukraina dengan fokus penyediaan tank tempur modern.

ADVETISEMENTS

Tank Leopard dari Jerman yang dimiliki angkatan darat di seluruh Eropa merupakan opsi yang paling memungkinkan untuk dikirimkan dalam jumlah besar. Tapi tank itu tidak bisa diekspor ke Ukraina tanpa persetujuan dari Berlin.

Dalam pernyataannya Zaluzhnyi mengatakan ia berterimakasih pada Milley atas “dukungan dan bantuan tak tergoyahkan yang diberikan Amerika Serikat dan sekutunya pada Ukraina.”

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version